Wednesday, 1 October 2008

Lomba Masak Round-Up



Wih, dapur KBB bener-bener wangi nih. Kayak lebaran banget, ada ayam bakar, ada opor, ada lasagna, ada kambing panggang, ada salad huaaaaaaaa meja penuuuuhhhh! Trus entar di bagian baking tuh emberrr banyak banget pilihan sweets dan dessertsnya. Tinggal pilih tinggal pilih!

Senengnya ngumpul bareng, masak dan baking bareng, tinggal saling nyicip demi merayakan ultah KBB, rasa kebersamaan berikut sumringah suasana ied, wiiihhh... Temen-temen yang sudah partisipasi, makasih banget ya. Silakan deh cicipin masakan temen-temen semua.




Nilam Sari (Ayam Bakar Bumbu Urap)
Rachmah Setiawati (Opor Hitam Daun Jeruk)
Swi (Smoked Salmon Bruschetta)
Ienas (Soto Kudus)
Yohana (Lasagna)
Dewi Oni (Celimpungan-non blogger)
Ienas Tsuroiya (Soto Kudus)
Sri Puji Yuliastuti (Simple Steak with Black Pepper Sauce)
Regina (Fettucine Aglio Olio e Pepperoncino)
Metha Syarief (Sup Ikan)
Ilvania (Kepiting Saus Lada Pedas)
Angela Mulianie (Steak Lidah)
Sofia (Antup)
Zita (Roast Lamb Ribs...)
Kartika (Kapri Manis Takwa)
Elsye (Macaroni Salad)
Molly (Sup Gyoza)
Vin Wong (Spaghetti Sausage)
Retno (Fry Steamed Chicken Shrimp)
Nifti Ventin (Buntil Daun Anggur)
Tisha (Gulai Boerenkool Ikan Teri)
Foni (Terong a la Foni)
Tanti (Mie Godog)
Ema (Gulai Telur Iwak)
Ine Sena (Ulukuteuk Leunca)
Laksmi Juwita (Sup Kaki Sapi a la Pak Brodjosayuto)
Anne (Salmon, Avocado, Lettuce and Tomato Salad)
Rita Herni (Roasted Lemon-Garlic Chicken)
Etie (Steak Lidah Goreng)
Linda Salma (Kering Kentang)
Ririk (Empal Getok)
Mindy Jordan (Nasi Uduk dan Ayam Bakar Jeruk Nipis)
Dessy Ojong (Seafood Roll)
Endhy (Kambu Paria)


Laporan Non Blogger

Dewi Oni


Akhirnya hari ini semua lomba untuk tantangan KBB#7 sekaligus peringatan ULTAH KBB yang I selesai dikerjakan. Untuk Lomba Masak, terus terang aku bingung sekali harus buat apa, tapi setelah pikir2x akhirnya pilihan jatuh ke CELIMPUNGAN. Resep Celimpungan ini adalah resep dari Mami yang dapet dari Nenekku, jadi boleh dibilang resep turun temurun he...he....
Resepnya adalah

CELIMPUNGAN

Bahan Celimpungan :

500 gr ikan tenggiri halus

500 ml air

250 gr tepung sagu tani

1/2 sdm garam (tergantung selera)

1/4 sdt gula (tergantung selera)


Bahan Kuah :

1 potong (150 gr) ikan bandeng

1500 ml santan cair

200 ml santan kental

3 lbr daun salam

2 lbr daun jeruk

3 btg serai

2 iris lengkuas

2 iris jahe

1 sdm garam

1/4 sdt gula


Haluskan :

150 gr bawang merah

75 gr bawang putih

4 cm kunyit

1 btr kapulaga

sedikit jintan




Cara membuat :

Celimpungan :

1. Aduk ikan tenggiri hingga terasa halus sambil dituangi air sedikit demi sedikit (300 ml). Buat lubang di tengah adonan beri garam dan gula pasir lalu tuangi sisa air. aduk rata sambil diuleni. 2. Beri tepung sagu tani sedikit demi sedikit lalu diaduk rata (gunakan sistem aduk balik seperti bikin kue)

3. Didihkan santan encer lalu bentuk bulat adonan celimpungan rebus hingga matang.

Kuah :

Didihkan kembali santan encer bekas merebus celimpungan beri bumbu halus, bumbu daun dan ikan bandeng.Rebus hingga ikan bandeng matang, lalu angkat dan haluskan (buang duri halusnya). Setelah itu masukkan kembali daging ikan bandeng halus ke dalam kuah. Masak hingga kuah harum lalu masukkan beri garam dan gula terakhir cek rasa, jika sudah OK, masukkan santan kental aduk terus kuah . masukkan celimpungannya. Didihkan lagi sambil terus diaduk. (ini agar kuah meresap ke dalam celimpungan)
Sekian Laporannya.


Bear hugsss buat semua!


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Round-Up lainnya:

Lomba Baking

Lomba Foto

5 comments:

  1. bisa pengsan deh ngelihatin foto2nya kalo nontonnya pas sebelum jam makan siang. terlihat bener2 sedap dan lezat. well done! :D

    ReplyDelete
  2. rachmah setyawati2 October 2008 at 07:55

    ikutan KBB bikiin gemuuuukkk.....
    2 tahun ke depan badanku dijamin tambah "monthok" nih !! secara para membernya pada puinter2 & semangat sekalee belajar baking & cookingnya !

    ReplyDelete
  3. hepi 1st besday utk KBB,hehe sorry telat ucapannya nich...

    ReplyDelete
  4. saya suka semua masakan kecuali yang tidak enak dan yang dilarang agama, oh ya jika butuh BTM (bahan tambahan makanan) untuk masakan bebakaran, coba tengok di : www.asapcair.blogspot.com, asap cair selain sebagai bahan perisa juga dapat berperan sebagai pengawet alami. Okey

    ReplyDelete
  5. CV. Riko Jaya
    Kami menjual/menyediakan asap cair (liquid smoke) dengan merk Deogreen. Sedia jaringan distribusi ke seluruh Indonesia. Melayani pembelian eceran, partai dan kerjasama agen.
    Asap cair (liquid smoke) merupakan pengawet makanan alami pengganti formalin, dan sebagai penghilang bau ramah lingkungan.
    Harga :
    360 ml = Rp 8.500
    1 liter = Rp 12.000

    Untuk Pemesanan hubungi:
    Herman Hasan
    HP : 08164834477
    Email : marketing@liquidherbalonline.com atau rentertaint@yahoo.com

    website : http://www.liquidherbalonline.com

    ReplyDelete