Thursday, 4 October 2012

Round-Up KBB#31-Who Ate The Pies?

Ultah KBB kali ini kita ramaikan dengan menikmati savoury pies yang memadukan dua resep dari dua chef terkenal dunia, Gordon Ramsay dengan resepnya rough puff pastry, dan Donna Hay dengan resep hot water pastry. Filling pies disesuaikan dengan selera.

Begitu resep tantangan beredar banyak member yang shocked karena musti mikir akan menggilas adonan puff pastry seperti tantangan terdahulu. But wait! Ini rough puff pastry loh, eh ternyata tidak sesulit yang diduga.

Yuk, berikut review teman-teman yang sudah berpartisipasi di tantangan ini.

1. Lia,
"Awalnya dah males banget begitu dapat surat cinta themanya pastry lagi. huhuhu..kebayang tantangan yg dulu2 pastrynya suka bocor sana sini dan ribetnya gilas menggilas. Ternyata setelah dipelototin dan dibaca berulangkali , stepnya sebenernya simple banget dibanding pastry2 yang dulu dan hasilnya enyaaaaaak.. Suka banget dgn teknik bikin pastry yg kali ini. Gampil, cefaat buatnya dan yg pasti gak mungkin bocor2... Makin cinta dweh sama KBB.. Happy Birthday KBB yg ke 5." Lihat Pie bikinan Lia disini ya.

                                                                                                             2. Hanna

"Walaupun hampir last minutes, aku membuat tantangan KBB#31 ini dengan semangat karena membayangkan nikmatnya savory pie yang gurih. Sekaligus penasaran seperti apa hasil perpaduan dari 2 metode kulit yang dipakai dalam resep ini. Ternyata membuatnya cepat dan tidak sulit, dan hasilnya benar benar sedap."






3. Santi (Gilby)
"Tadinya udah takut nih liat resep pienya ada 2 jenis.  Pas sudah dikerjakan ternyata mudah #halah pake sombong#  Untuk adonan panasnya mirip dengan adonan sus dan adonan pie dingin sama seperti adonan pie biasa.  Untuk rasanya sih enak.  Ibuku suka.  Tiap pagi dimakan untuk sarapan." Baca yuk cerita selanjutnya.





                                                                                                               4. Arfi

"As usual, anak-anak suka. Kangmas juga suka. Biasalah, Kiwi people love pies! Ini partisipasiku untuk ultah KBB ke-5. Selamat ulang tahun, KBB dan KBBers dimanapun berada. Keep baking happily ya!"










5. Hesti

"Alhamdulillah selesai juga laporan yang butuh 2 hari kerja ini.
Awalnya khawatir gagal karena beberapa cerita temen temen yang belum berhasil. Sempat keder tapi tugas tetap tugas dan harus dikerjakan.
Alhamdulillah semua proses lancar. Keuntungan dari mengerjakan tugas
di akhir akhir (peaceeee hosts...) yaitu dapat ilmu dari sharingan
teman teman yang berhasil maupun gagal. Jadi lebih berhati hati.
Makasih ya all inputnya..."







 6. Widya Suci

"biasanya bikin pie dough tinggal cemplung di food processor, kali ini beda & unik. Malah seru bisa belajar 2 teknik, yaitu: rough puff pastry & hot water pastry. Ternyata ada loh cara bikin pie dough mirip bikin adonan kue sus."

"Ini kedua kalinya membuat pastry, hadeuh..entah benar entah tidak cara bikinnya, ko sepertinya kurang puas nih...meski enak dan laris manisssss...."

Gara-gara gak teliti baca surtjin, aku bikinnya salah nih :( Karena di email ditulis resepnya Gordon Ramsay duluan, jadilan resep pastrynya Gordon Ramsay ini buat dasarnya. Padahal harusnya Hot Pastrynya si Donna Hay lah yang buat dasar. Baca selanjutnya di sini yuk!

9. Emma Isti (non-blogger)

Tantangan kali ini masih bertemakan pastry. Savoury pie, jenis pie tertutup British Style yang memakai 2 metode dalam pembuatan crustnya. Hot waternya pastry untuk crust bagian bawah dan  rough puff pastry sebagai crust penutupnya. Guinness beer, swiss brown mushroom dan beef brisket untuk fillingnya.
Kali ini semua bahan-bahan tersebut lagi ada stocknya di swalayan, hanya guinnessnya dilewatkan karena memang tidak mengkonsumsi minuman beralkohol. Jadilah beef and Mushroom Pies.  Proses pembuatannya tidak terlalu sulit, tapi bila kerja di ruang non ac, dough dan butternya mudah lembek, harus bolak balik masuk chiller. Proses pemanggangan hampir satu jam. Dan hasilnya...crust pienya enak..renyah.
Lega rasanya sudah kerjakan tantangan ini.

"Walaupun awalnya bingung baca resep ternyata setelah dipraktekkan metode Rough Puff pastry dan Hot Water Pastry ini ngga susah dan lain kali kalo bikin base untuk savoury pie seperti nya enak pake resep ini, ngga ribet melipat lipatnya."

                                                                                                  11. Dwi Hesti
"Ternyata tidak se-menakutkan yang dibayangkan. Tekniknya mudah diikuti, hasilnya enak, ga perlu ngotot menggilas puff pastry ... Perpaduan berbagai teknik yang menambah pengetahuan ..."

"Alhamdulillah ngga menemukan kesulitan sewaktu buat kulit pie nya, baik ala Gordon Ramsay maupun ala Donna Hay. Untuk fillingnya, karena saya suka yang creamy jadi sengaja pilih yang pakai saus putih. Ternyata cocok dan ga bikin eneg." 

                                                                                                  13. Lina Hidayat
"bikin pastrynya gak sesulit yg dibayangkan, yang paling kusuka rasa dari isi pienya, walau skip beer tetep enak :-)"
"Seru juga bikin pie ini dengan berbagai bala bantuan, pembuatannya yang lama terbayar dengan rasanya."

                                                                                  15. Kartika (Bibien) 
Menurut Kartika, pie-nya bantet. Emang gitu? Baca ceritanya yuk!

16. Ade Sri
"Tantangan kali ini bener-bener dilematik sampai terpaksa diselesaikan SKS (Sistem Kebut Sehari) pagi-pagi sekali sebelum ngantor. Soalnya PRT ngga balik, ortu mau berangkat haji dan kerjaan rumah plus kantor yg numpuk. Tapi rugi banget kalo ngga dikerjakan, ilmu baru 2 macam pastry: Hot Water Pastry dan Rough Pastry bikin saya excited sampai bertekad SKS ini jangan sampai gagal...hasilnya gagal dikit sih, ga dapat efek butter marble-nya tapi rasa maknyus. Thanks KBB."

                                                                                 17. Rachmah Setyawati
Aku suka paduan kulit  pie kali ini ... unik , enak ! Layak dijadikan alternatif  favorite pie nih !

"biarpun metode membuat kulit pastry yang diberikan dalam surcin kali ini lebih mudah dan tidak memakan waktu, tapi hasilnya tidak kalah istimewa lho. Apalagi dengan isian dagingnya yang melimpah, rasanya makin maknyuss."

19. Nilam Sari

Sekarang baru tahu yang namanya hot water pastry itu seperti apa hehehehe… cuman tantangan terbesarnya adalah saat bikin rough pastry dan gatot karena kebanyakan air. Kulit untuk si pienya juga enak dan kokoh sekali.



Daftar Ijin:
  • Maya Ekatrina
  • Dietce
  • Dita W
  • Molly
  • Sherry Andriani
  • Rita Desyanti
  • Monica
  • Jane 
  • Yulianti Yuyun
  • Amy Riv
  • Susun Laksono
  • Dhiah Nuraini
  • Novi Saluntara

Salam Baking,
Arfi dan Widya Suci






























1 comment:

  1. Those pies looking so delicious! Wanna eat those pies immediate :)

    ReplyDelete