Sunday, 8 November 2009

ROUND-UP KBB#14 (White Bread)



Ini dia hasil pekerjaan teman-teman KBB untuk tantangan kali ini :

1. Tyas June
"Tantangan kali ini bikin seneng, begitu surat tjintah dari KBB dateng, langsung deh dikerjain. Selama proses pengerjaan lancar banget, mulai dari nyiapin bahan dan pembuatannya pun dilewati dengan sukses,,,,baru kali ini deh bikin roti dengan cara manual, biasanya mixer yang bekerja....hehehehe"


2. Syanti Dewi
"Tantangan kali ini seruuuu , enaakkkk dan si roti lembuuut , lucunya ada acara ngambek segala tuh adonan . Adonan ga mau ngembang lantaran udara dingiiin tapi tetep lho semangat besoknya baking lagi, hasilnya alhamdulillah si roti ngembang dengan indahnya :) "







3. Dita Wistarini
"kalo gak join KBB mungkin gak tau yg namanya Baker's Percentage.Saat pengerjaan gak ada kendala yg berarti,cuman harus disambi ngurus bayi.Hasil rotinya ok dan nambah ilmu baru :)"








4. Haremasayu Noviari (Ayu)
"Biasanya kalo bikin roti ngga pernah nyobain windowpane test, begitu ada tantangan KBB ini nyobain aaah dan Alhamdulillaah lolos. Ditambah lagi dapet ilmu baru BsP. KBB memang TOB! :))"






5. Ellen Antheunis
"
Udah bikin tgl 4 krn kebetulan stok roti abis, mo keluar rumah malas dgn cuaca ujan dan angin kencang..sayang gak sempat foto setelah selesai baking krn langsung abis jadi hari jumat bikin lagi 500 gr dapat 1 roti hedgehog, rolls dan buns. Hasilnya masih termasuk roti manis buatku jadi bikin yg ke 2 kali garam dikurangi. Lumayan lama nguleni sampe bisa lulus window test, pengembangan ta taruh di dlm dryer yg baru ta pake jadi masih anget."


6. Swi
"Kalo bread2-an gini sih.... rajiiiin banget. Doyan banget sih, lagian kalo "kelinci"-nya nggak doyan, masih bisa dilahap sendiri... hahhahaha. Apalagi resepnya mantap kayak gini, hasilnya empuk, softy dan juicy, dll, etc....(saking tersepona-nya dengan hasilnya...hehhehe)
... dan seratnya itu loh, bisa lapis-lapis dan molor2... padahal gak pake pengempuk roti... mantap deh pokoknya ;)"


7. Arfi
"Aku suka tekstur roti ini, lembut. Untuk dijadiin roti tawar kayaknya emang perlu nambahin garam, tp untuk roti manis garamnya perlu banget dikurangi. Ternyata emang pake BsP takaran jadi lebih mantap. Aku mau pake BsP terus deh kalo bikin roti."






8. Retno Prihadana
"Semangat banget ngerjain tantangan KBB kali ini, karena penasaran bikin homemade white bread. Karena sudah memasuki waktu winter, adonan disimpan dulu di oven pada suhu 30-40°C sekitar 1 jam, karena temperatur di ruangan dapurku dingiiin banget. Hasilnya, roti empuk dan sampe 3 hari juga masih Okey. Anak-anak suka (^_^)."






9. Hanna Hadiwidjaja
"Ini pertamakali aku ikut tantangan KBB. Membuat roti dengan menghitung sendiri bahan yang dibutuhkan menggunakan rumus Baker's Percentage. Sebenarnya hitungannya tidak susah, tapi karena takut salah jadi aku butuh waktu agak lama mempelajari resepnya. Proses pembuatan berjalan lancar dan hasilnya juga memuaskan."



10. Ema Novita
"Begitu niat bikin roti lg dlm minggu ini, aku langsung ingat tantangan KBB, utak-atik resep.., saking seriusnya terlalu banyak itung2 kelamaan.., pdhl tinggal dikonversi ke 500 gr tepung aja udah..hehehe.., hasilnya ok.., lembut... sayang bread rollnya kurang dicubit2 disetiap gulungan..yg pasti...rasanya ga kalah enak..ludess deh..!!"





11. Inayah
"Sebenarnya tantangan tentang roti kali ini sudah sering dipraktekan, tapi berupa donat, heee...sama ga ya? Ternyata aq ga pede' secara pake formula BsPnya itu, juga krn hrs ada laporan. Akhirnya hasil percobaan pertama tidak memuaskan. Tapi setelah sering baca email dan menemukan celah kesalahan akhirnya percobaan kedua sukses (berkat management waktu dr mba Regina...thanks KBB)"



12. Gilby Arisanti
"Ini kali pertamanya aku membuat roti, syukurlah diberi kesempatan dengan KBB jadi bisa mempraktekkan berbagai macam tantangan dalam baking. Ternyata, memang seperti yang disampaikan dimilis, bahwa ngulenin roti membuat tangan menjadi pegel (berandai-andai : seandainya punya mixer utk roti). Tapi hasil akhirnya cukup memuaskan. Roti mengembang dengan baik. Diirispun berserat. Tapi masih ada kurangnya, yaitu agak ngedabel (bhs jawa)....."


13. Regina Budiardjo
"Happy banget! Akhirnya bisa bikin roti dengan resep yang cukup ampuh untuk texture roti yang empuk sampai keesokan harinya. Biasanya si roti udah bisa buat ganjel pintu gak lama setelah keluar dari oven. Di percobaan ketiga, adonannya ditambah sedikit gula dan jadi deh roti manis yang empuk nan sedap :D"





14. Maya Ekatrina
"Meskipun judulnya roti tawar putih, yang ini di kasi variasi dikit ahhhhh..... :)"








15. Mira Assjarif
"Alhamdulilah gak ada kesulitan berarti. Tepung yang dipakai ditambahin wheat starch sebanyak 20% dari berat terigu. Yang agak repot wktu menguleni karena gak kunjung dapet elastisitas yang lulus window test pane. Tapi walo masih gak terlalu elastis, adonan mengembang dengan heboh dan hasil akhirnya sangat empuk. Rotinya dibuat Choco Chips White Bread. Enyak walopun atasnya agak gosong karena masih kenalan sama oven baru. :)"


16. Rieska Sonda

"Proses bikin rotinya sih gak susah, cuma memang perlu tenaga extra untuk mendapatkan hasil kalis elastis. Hasil rotinya lembut banget dan langsung ludes dalam sekejap. Rotinya aku isi coklat keju dan smoked beef keju. Pokoknya yummy banget deh. Sampe berkali kali bikin karena ketagihan.."



17. Anina
"pembuatannya sih ga sulit meski pake formula BsP yang baru aja aku dengar namanya. Dan hasil akhir nya udah mirip roti bakery. tapiiii karena belum lulus windowpane test, roti yang aku buat ga empyuk lagi keesokan harinya. mungkin next time coba lagi deh :)"






18.Tinna Herawati
"Pertama membaca resep membingungkan tp setelah dipelajari ternyata BsP sangat berguna dan memudahkan dalam pembuatan roti."




19. Rurie Sofyanie
"Pertama baca formula baker's percentage dan bacaan2nya, was2 juga karena keliatan susah. Tapi setelah dapat pencerahan di milis untuk
hitungan resepnya jadi tenang dan bisa buat roti tanpa hambatan yg berarti. Cuma gula dan garam aku kurangi sedikit aja sesuai seleraku."

"Aku start nimbang bahan jam 9 malam, dengan memakai berat satu buah telur yang sudah kubuang kulitnya, dan bantuan excel serta resep White Bread untuk menentukan berat bahan lainnya..."







21. Caroline Atmajaya
"Tugas kali ini dibuat 2 kali karena yang pertama menghasilkan roti yang keras kalo dimakan besoknya, jadi setelah bertanya dan mengira2 maka pada pembuatan roti yang ke-2 suhu dinaikkan dan hasilnya setelah diinapkan semalam roti tetap memiliki tekstur yang sama."


22. Yohana
"Saya bikin plek berdasarkan formulasi yang di kasih. Bodohnya, saya lupa untuk memasukkan air sedikit-demi sedikit....akibatnya fatal..."









23. Molly Maulina
"seperti biasa ngerjain PR diakhir2 bulan he he udara di bandung lagi dingin, ujan terus, deg-degan gak ngembang :(, mana pas ngulenin lama banget gak lulus-lulus window pane test lagi.. hiks hiks.."




24. Yetti Enita
"kalo soal bikin roti, InsyaAllah, udah biasa..hehehe..abisnya, di rumah ada toko roti..
spesial kali ini, bikin burger mini..*hihi..sambil menyelam minum air, sekalian bikin PR..bikin dagangan...^^*"







25. Vin Wong
"blm lulus windowpane test nih...udah lama ulenin tetep aja masih robek, tapi lanjut terus...hasilnya tetep empuk koq, biar blm sempurna banget! pengen nyoba lagi next time.."





26. Dewi Oni (non Blogger)

"Mengerjakan tantangan dalam kondisi migren berat, penimbangan bahan minta bantuan my girl, trus menguleni dengan hand mixer jadi tidak bisa maksimal mau nggak mau harus di lanjut dengan tangan. Akhirnya rotinya jadi juga, walaupun sepertinya nggak terlalu lulus window panenya. Hasilnya ya seperti di foto. Rasanya empuk....tapi agak asin ya."






27. May Irianti
"Tidak ada kesulitan saat pembuatan, bahkan sangat menyenangkan. Tekturnya empuk seperti roti manis. Dengan Baker's Persentage, saya dapat ilmu lagi dalam membuat roti. Makasih KBB :)"







28. Sandra Andrisa
"Aku sebenernya sdh biasa membuat white bread (biasa gagal dan juga biasa berhasil hehe..) mudah2an kali ini lulus yah.." (pasti lulus deeh... hehe - host)




29. Lina Hidayat
"Dari resep dasar white bread ini, jadi roti tawar dengan taburan keju parut didalamnya dan roti isi smoke beef + keju. Saat masih hangat terasa lebih keras dan kurang lembut, sampai2 kupikir karna jumlah tepung yg digunakan berlebih. Ternyata setelah lebih dari 24 jam, roti2 tersebut terasa lebih lembut!"


30. Anggi
"Baru kali ini bikin roti yang gak ada takaran pastinya. Baca pertama, bikin bingung. Pas bikin, bingung lagi sama takaran si telor. Nekat, telornya hanya diambil kuningnya, trus timbang. Kurangnya tambah putih telor sedikit2. Lagi nunggu proving, baca di milist , soal berat si telor ini. Lemes deh, pas tau bisa pake 1 telor utuh dan bermain diukuran air aja. Berdoa semoga si roti ini gak gagal. Dan hasilnya, beneran gak gagal... empuk dan enak."



31. Minda
"bahannya gampang, ternyata baker's percentage itu gak susah seperti yang dikira, malah lebih enak ngukurnya, karena pasti akurat. hasil roti mantap & empuk padahal gak pake bread improver."




32. Lanny
"
Baru kali ini bikin roti dgn hasil memuaskan. Dan baru kali ini juga ngerjain tantangan KBB sampai berulang ulang ulang ..hihihi..habis asik sih.."





33. Emma Isti (non Blogger)
Walau hanya membuat sebanyak 300 gram tepung dengan total berat adonan sekitar 450-500 gr saja, tantangan kali ini kok agak sedikit terasa berat ya. Nyaris menyerah untuk tidak mengerjakan. Tapi periode ulang tahun kemaren saja sudah absen, duh sayangnya kalau kali ini harus absen lagi. Walau badan masih terasa kurang fit, akhirnya dibuat juga tugas ini. Baru kali ini bikin tugas ditengah2 keriuhan orang-orang yang sedang sibuk membuat laporan. Karena disaat yang sama aku juga harus mengerjakan beberapa laporan. Untungnya semua proses berjalan lancar-lancar saja, hanya karena agak kurang konsentrasi saat menguleni nyaris tidak mengecek keelastisan adonan. Dough tidak sempat dibentuk macam-macam hanya dibuat mini dinner roll dan mini bun. Dari 300 gram tepung adonan hanya menghasilkan 5 buah dinner roll (50 gr) dan 5 buah mini bun (70 gr). Dibaking dengan suhu 190 C selama 25 menit, tapi kelihatannya waktu tersebut untuk ukuran yang mini agak kelamaan, karena pemukaan atas roti sedikit lebih coklat, tidak kuning keemasan. Mungkin kalau dipanggang selama 15 menit akan menghasilkan warna yang lebih cantik. Keempukan roti setelah 12 jam masih cukup empuk. Soal rasa tak perlu diragukan…enak apalagi dinikmati saat hangat, saat sudah dinginpun walau hanya di oles mentega rasa tetap ok. Aaah legaa ternyata selesai juga tugas KBB kali ini…"



34. Fransisca
"boleh dibilang hasil KBB#14 kali ini jauh dari memuaskan.. terjadi karena kurang sabar, jd adonan blm sampai kalis (lulus window test pane) udah beralih ke step berikut... lain kali coba lagi deh.. :o)"



35. Susi Dwiyanti
"Bisa dibilang tidak ada kesulitan berarti, hambatannya, berhubung kamera yang rusak belum ada gantinya, sehingga sedikit mengganggu proses pelaporan. Metoda bakers percentage ternyata lebih mudah untuk mengganti-ganti ukuran, malah lebih mudah dari resep-resep roti yang pernah saya coba dan hasil akhirnya benar-benar tidak mengecewakan.....empuuukkk sekali"


36. Foni
"niatnya bikn roti tawar pake raisin malah jadinya serupa baguette tp bukan baguette juga hahaha... Benernya gue mo bikin lagi, penasaran krn kepingin banget roti tawar yg berkismis2 itu.. tp ini mood kitchen blue banget:) jadi next time deh setelah intip dari temen2 jadi lebih ngarti.."





37. Mindy Jordan
"
Bantet surantet hasilnya.. menyesal karena ngerjainnya mefet jadi ga ada waktu lagi untuk ngulang."









38. Yuli Berliantin
"
kesannya cuma satu, siapkan tenaga untuk ngulen adonan roti. Tapi hasilnya, bener2 sesuai yg diharapkan, empuk menul2. terima kasih atas sharing ilmunya ttg baker's percentage method ini."









39. Lia Angels
"
Hampir aja tepung komachinya tertukar dgn tepung kanji. Ffffiuuh...mau jadi apa rotinya kalo gak teliti.hehehe. Kemaren bentuknya cuman sekedar bulat. Abis ini mau coba yg dibentuk kotak utk roti tawar. Hmmmm...hasilnya kayak apa yaaaach.. "






40. Siti Mulyanni (Annie)
"The making of white bread ini kaya nostalgia ada senang karena tandas das..ada sedih karena teringat almarhum papah mertua yang wafat tepat satu bulan lalu dan beliau suka sekali roti buatan ku hiks.."



41. Ezy Fauziah
"
Menyerah... setalah dua kalinyoba dan kebetulan dua dua nya gagal. Gak ngerti dimana salahnya, yang pasti tiap fermentasi ke tiga roti - roti itu ngambek gak mau ngembang.... Jadi pasrah aja deh :("




42. Nilamsari
"Awal dapat tantangan ini sepertinya mudah ternyata prakteknya tidak semudah yang diperkirakan dan terbukti percobaan ketiga baru berhasil hehehehhehehehe..... "





43. Ine Sena
"Tantangan kali ini kebagian jadi host bareng Lanny, paciweuh dengan bikin pe-er yang mepet dead line... ckckck... Bikin roti udah sering sebetulnya, cuma ngulenin pake tangan baru sekali ini. Pegelnya minta ampuuun....>_<"





44. Yuyun Yulianti
"kalo soal bikin resep roti ini sebenernya dah 3 kali, yang pertama pake terigu cakra 100 % dan yang kedua plus ketiga pake tepung whole wheat 20 % cakra 80 %. hasilnya dua2nya enak..diluar srispy didalam empuk... sebenernya ga pd bikin roti yang pake telur utuh, tapi ternyata hasilnya sungguh memuaskan..thanks a lot KBB udah ngasih resep yang oekeh banget..."


45. Ely Y.D.
"Akibat males ngulenin manually, jadinya begini nih.... ngerjainnya in very last minute.... "




46. Rachmah Setyawati
"Tekstur white bread yg empuk aku padu dengan oatmeal dan flaxseed, hasil akhirnya... wouw , roti yg cukup kaya serat. "









47. Mitra Komala Sari
"waktu pengen bikin sihh,,dag dig dug soalnya pernah dulu 2 kali bikin roti gagal mulu,,gak mo ngembang.. ehh skg pas dapet resep dari KBB truss ngikutin cara2nya.. wihhh adonannya bisa ngembang begituuu..hehee seneng banget, kegirangann baru kli ini bisa bikin adonan ngembang.. sayangnya aku kelupaan moless atas rotinya.. lgs aja gitu di masukin oven, makanya jd pucett hasilnya. Akhirnya pas roti lg panas2nya aku poles ma mentega.. jd keliatan kinclong kann.. lgs aja ludes di makan skeluarga walaupun gak pake isi.. cuma bikin 300gr tepung sihhh. Nti pasti bakal aku coba lagiii... trimss KBB.."


48. Vivi Rahayu
"
Dipanggang malem hari, pas anget-anget dicoba, tekstur rotinya padat lembut dan kulitnya kriuk. Paginya kulit udah nggak kriuk tapi lembut dan tekstur rotinya ga berubah. Karena cuman bikin 300gr, cepet ludes. Mantap deh buat sarapan."






49. Atiek
"
meskipun harus mengerahkan seluruh tenaga, nggilas adonan pake tangan sampai berkeringat ditambah tragedi timbangan rusak.. tapi hasilnyaaa luar biasa.. rotinya empuuuk menul2. Komentar orang rumah: enaaak... empuuk..!! Jadi pengen bikin lagi..dan lagi.. dan lagi.. tapiii... harus beli timbangan dulu nih!"


50. Anindita Nasution
"bikin 3 kali gagal maning..gagal maning..ga tau dech gagalnya karena faktor salah nyampur bahan atau karena oon mardoon itung-itungan..he..he..tapi janji dech..mau bikin dan menakhlukkan lagi roti putih ini."







51. Rosmi Yati
"
Untuk bikin roti ini mesti nyedian waktu luang, krn emang butuh waktu cukup lama. Untuk proses pembuatanya sih ga terlalu susah.Untuk hasilnya ......Hmmm klo dr penampilan sih udah ok, tp klo rasa koq ya msh kurang, kurang lembutttt.."




52. Etie Suherti
"rotinya empuk walaupun teksturnya padat....untuk sarapan besok pagi pun masik empuk. Tapi jangan ngebayangin empuknya roti yang dijual di bakery2 Jakarta ya...apalagi sama roti BT, beda jurusan karena roti ini teknik pengolahan secara manual dan tanpa bahan additive."



53. Artalina Harjono
"
walaupun bikinnya last minute, tp seneng deh karena hasilnya enaak..nyesel juga cuma bikin sedikit..:)"






54. Kartika Binakasih
"Hasilnya kurang memuaskan secara dari dulu kalo praktek bikin roti yhaaa gak jauh dari ini hasilnya.. :o( tapiii ini memang bukan roti lembut kan yha...dalemnya siy okeh tapi kenapa luarnya keras d/h rada garing yha... upsss lupa...manggangnya kelamaan karena gak denger alarm berhubung lagi ada di kamar atas hehehehe"


55. Sherry Andriani
"Sempet grogi bisa ga ya, lulus windowpane test, dulu2, doughnya ga bisa se-elastis seperti yg di buku2 resep, walau rasa sih tetap enak dan empuk. Maka kali ini nyobanya bener2 di takeran 100gram aja.soalnya dulu di 500gram atau 250 gram ga pernah elastis tis..sekalian biar bisa maksa pake si handmikser philip. ternyata dalam 20 menit walau tergopoh2, (si philipsnya), adonannya bisa elastisss juga, horeee...mmm, jadi 2 potong, dan rada gosong (manggangnya sambil ngobrol siih) tapi enakk..
"


56. Sofie Minawati
"Tadinya ngebayanginnya bakal susah bener karena harus menghitung sendiri,
tapi ternyata gampang saja kok. Dan meskipun tidak terlalu sukses melewati windowpane test karena masih ada bagian yang robek, tapi rotinya berhasil mekar."






57. Elsye Suranto (blognya sedang bermasalah)
"Ini bukan kali pertama gw bikin roti, yang bikin menarik adalah karena pembuatan roti ini dengan metoda BPs aka memakai prosentase untuk takaran bahan-bahannya. Nah dengan metode ini, gw sampe 2 kali bikin roti dengan tepung terigu 200 gr dan bahan yang lain menyesuaikan. Hasil yang pertama agak keras dan seperti ga berserat, mungkin karena proses pengulenannya yang kurang lama, nah kali kedua proses pengulenan agak lama dan hasil roti jadi empuk. Untuk olesan roti yang pertama, gw sengaja kasih sedikit kuning telur dan sedikit susu cair, tapi herannya tetep ga kuning banget aka masih agak kuning pudar ga kecoklatan. Untuk kali kedua gw bikin roti ala bun yang gw kasih sedikit coklat chips tapi untuk olesannya cuma pake susu cair tanpa kuning telur. Proses pemanggangan percobaan pertama ada sedikit kendala, karena dengan panas kurleb 150 derajat celcius, dan lama pemanggangan 20 menit dasar roti gw udah gosong :((( dan jadi keras nah akhirnya untuk percobaan kedua api gw kecilin dan lama pemanggangan masih sama 20 menit yang ini lumayan roti ga kering dan empuk hanya untuk olesannya jadi kurang kuning ;( Ok, begitulah cerita dibalik pembuatan white bread ini, terus terang gw pengen bisa menaklukan si roti ini ...;P walau kurang memuaskan tapi tetep semangat ;D"




Yang izin tidak ikut tantangan kali ini :
1. Zita
2. Tisha
3. Efi Andra
4. Sofia
5. Rita Herni
6. Yulia Maki
7. Nifti Ventin
8. Ririn
9. Metha Purnamasari

Demikianlah round-up tantangan kali ini. Terimakasih atas kerja sama seluruh member yang telah berpartisipasi. Mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan maupun jika ada salah-salah kata. :D

Mariii kita nantikan tantangan berikutnyaaaa.........:)


Salam,
Hosts (Lanny - Ine Sena)


2 comments:

  1. Well done, hosts. masih banyak broken links, tulunk deh buat temen2 yg belum publish, ya perhatiin lagi. jangan2 kemaren itu salah kasih linknya. OK?

    ReplyDelete