Tuesday, 2 December 2008

KBB #8 : Round Up !

Bitter Chocolate Peppermint Biscuits


Setelah pontang panting jadi host dan momong bayi akhirnya tugas selesai dengan sukses...belum bisa dikatakan sukses sebenarnya karena masih ada beberapa anggota yang tidak hadir tapi semangat para anggota tetap ada buktinya pada detik detik terakhir round up...hehehhe.

Terima kasih buat anggota yang masuk round up, kali ini ada 66 anggota juga buat anggota yang memberitahu berhalangan mengikuti 8 orang karena kesibukan masing-masing atau mengurusi salah satu anggota keluarga yang sakit semoga cepat sembuh dan bisa kembali aktif pada round up berikutnya, dan 2 orang bye bye...sedih tapi tetap menjalin persahabatan tentunya, selebihnya yang 28 anggota bagai embun di pagi hari.

Arfie dan Regina yang turut membantu dalam penyelesaian round up kali ini, terima kasih ! tanpa kalian saya K.O juga.

Untuk para anggota yang linknya gak bisa dibuka, segera memberitahu untuk di-update.


xx,
Ellen, Arfie & regina





Minggu Pertama(masuk minggu ke2 kl menurut penanggalan bulan ini) :
Sebenarnya sudah banyak yang mencoba pada minggu pertama tapi sesuai official email yang masuk KBB adalah sebagai berikut :

1. Mindys deli by Mindy Jordan, 11/5/08

Wah mbak ini responnya cepat sekali (Mindoel teaaaaaaa!!)...hari ke 3 PR dah dibikin. Reviewnya setelah mencoba adalah homemade peppermint essence-nya kurang berasa walaupun sut pake lebih dari 1 sdt. Biskuit-nya buttery banget, endang surendang tapi sayangnya buat selerakuw kemanisan walaopun udah dikurangin gulanya. Kendala waktu bikin pas bagian ngukur. Ihh kretil bin ribets dweh judulnya. Proses pemanggangan juga lebih dari 6 menit, emang ovenkuw agak leleta suwarno de mendez dan mungkin juga karena biskuitnya lebih tebel dari 2mm. Sebagian akuw bikin 3 lapis seperti permintaan resep, sebagian dua lapis. Untuk selanjutnya baca di sindang ato klik foto disamping.





Minggu ke-II :

2.
Vintage Kitchen by Vin Wong, 11/10/08

Dari percobaan menurut kesimpulan mbak Vin, biskuitnya enaaak cuman terlalu banyak mint, dan aku nya ga doyan mint, hehehe.. Cerita lengkapnya baca di sindang berdindang.




3. Chicken's Kitchen by Ellen antheunis 11/10/08

Akhirnya bisa finishing hari ini, kukisnya sih dah dari minggu lalu cuma agak ribet karena sambil nursing my baby boy. Foto aja ala kadarnya...ribet ternyata kl dah punya baby apalagi kl masih dibawah 3 bulan. Kukisnya blom ta coba tapi untuk ingredient kukis gulanya saya pake cuma 1/2 cup.



4. Ordinary Women with great Obession by Rachmah Setyawati 11/13/08

Aku buat sesuai resep asli , hanya mengurangi jumlah gula saja menjadi hanya 150 gr.
Tekstur biskuit renyah , rasa enak
Kesulitan dirasakan saat proses pencetakan adonan. Adonan asli terlalu lembek, sehingga harus sering kali keluar masuk kulkas untuk lebih mudah digilas & dicetak.
Jika membuat dalam jumlah sedikit tidak masalah, tp untuk kebutuhan buat biskuit ini dlm jumlah lebih besar, perlu dipertimbangkan lagi untuk menambahkan sedikit tepung terigu di dalamnya. Selengkapnya baca di blog postnya Rahmah (sambil bawa kupi yo!).



5. Diajar Masak by Syanti Dewi (Tie), 11/13/08

Mbak Syanti yang mengikuti resep bahkan si tepung ngikutin sarannya Vin ditambah 1 cup, jadinya cantik ga terlalu lembek, setelah di gilas dan di bentuk , dibakar sesuai resep 180.C, dan ngeset timer 45 menit , sengaja takut hangus jadinya waktunya dikurangin dari 56 menit yg disarankan.


Nyambi makan siang ma hubby, ehhhh pas makan beres palingan baru 20 menit liat oven hiks.... biskuitnya gosong. Ternyata si mbak gak menyimak perkembangan review teman lain yang meragukan waktu yang tercantum pada resep( kesalahan cetak ?). Baca teroooooosss...!


6. Foot Print by Yohanna, 11/16/08


Karena adonannya lembek jadi dimasukkan ke kulkas baru kemudian di giling tipis lalu masuk kulkas lagi selama 15 menit dan dipotong sesuai ukuran resep. Masuk frezeer lagi karena ngerjain hal lain dulu, besok baru di panggang kurleb 20 menit dan hasilnya gak beleber saat di oven. Resep sesuai aslinya tanpa mengurangi ato ditambah. Baca selengkapnya di sindang.






Minggu ke-III :

7. Last bite by Dita Wistarini, 11/18/08

Susahnya mencari esen pepermint di Kuwait, mbak Dita tidak kehilangan akal untuk menggunakan daun mint asli yang kemudian diolahnya. Suit suiiiiiiiittt!!

Tertarik cara beliau ? Intip di sindang yeee!








8. Sarifendi by Nilam Sari, 11/18/08

Juga menambahkan beberapa sendok makan terigu karena adonannya lembek walaupun sudah di kulkasin. Reviewnya bisa di lihat di blog beliau.






9. cooking N baking by Swi, 11/20/08

Keterbatasan salah satu ingredient tidak menjadi masalah bagi mbak Swi yang dengan kreatifnya mengganti peppermint essence dengan peppermint fondant pada biskuitnya. Lengkapnya silahkan klik sini.






10. Simplicious by Zita Abharee, 11/23/08

Phew... *ngos-ngosan*

Akhirnya mbak Zita bisa ngerjain juga PR, gara2 yg mau liburan, biskuit nyaris
gosong, tenang2 muter timer 56 menit, baru 8 menit ada bau rada gosong... langsung inget .... kalo resep sudah diralat, NYARIS!!!
untung masih bisa diselamatkan setengahnya. Lanjooooot!






Minggu ke-IV :

11. Nyempluk Cooking-Class by Laksmi juwita, 11/24/08

Berbagai cara mengakali bahan yang susah di dapat, simak review mbak Laksmi dibawah.
biskuitnya enak rasanya, mirip butter cookies Danisa. Dimakanin suami sebelum disusun dan dipoles coklat. Lapisan peppermintnya enak juga buat digado, gak pake essense peppermint, tapi pake permen Polo. Setelah jadi rasanya : wuenak! Bisa nih jadi bahan jualan kukis hehehee

Tertarik cerita selanjutnya ? Monggoooo...


12. Maya Ekt by Maya Ekatrina, 11/24/08

Menurut mbak Maya, biskuit ini enak tapi bikinnya ribet, memerlukan ketelatenan.

Kisah selanjutnya ada di blog




13. From Newton Centre with Love by Ienas tsuroiya, 11/24/08

Sempet lihat essens mint di spm waktu belanja bulanan. Seperti biasa, selalu aku cek dulu komposisi bahannya. Aje gilee...alkoholnya 89%! Langsung deh aku batalin aja. Takut mabok..hehe. Jadinya, aku ganti aja dengan esens vanila. Lagipula, pertimbanganku, anak2 pasti gak suka rasa mint. Tapi ternyata tetep aja, diganti vanilla pun anak2 tetep kurang suka. Sampe sekarang masih ada tuh biskuitnya, baru kemakan sebagian.. Mau lihat biskuitnya? Silakennnn...


14. Notes from my Kitchen by Regina budiarjo, 11/24/08

Review mbak Regina biskuitnya melempem yang terlapisi oleh coklat. Untuk rasa sih ok, cuma gak puas dgn tekstur akhirnya. Ukurannya bener2 bikin kenyang dgn hanya makan satu buah.
Kisah lengkapnya klik foto disamping atau nama blog.



15.
Ririn selalu disini by Ririn Als, 11/25/08

Bagi Ririn tantangan kali ini penuh perjuangan karena udara yang panas jadi prosesnya harus bolak balik masuk kulkas..ya sekalian olahraga katanya.


Baca selanjutnya di blog Ririn.



16. Rumah icip- icip by Amalia, 11/25/08

Dari hasil eksperimen pembuatan biskuit ini aku nggak menemukan kendala yang berarti. Dalam takaran pembuatan kuenya pun tidak ada yang aku kurangin (kecuali gula..hehehhe). Tekstur adonan biskuit ini pun pas tanpa perlu di tambahi tepung terigu lagi. Yang menjadi masalah di sini cuma satu..yaitu masalah cita rasa dari biscuit ini yang kurang cocok dengan lidah orang rumah. Itu di karenakan flavour pepermint yang di gunakan. Mungkin kalau di ganti dengan flavour yang lain seperti lemon atau orange enak kali yee..

17. Bidadariku by Anggi, 11/26/08

Menurut yang udah bikin dan laporan di milist, jumlah gulanya dikurangin, kalo gak mau kemanisan....OK, karena gak terlalu suka manis, gula langsung dikurangin ½-nya. Pas udah jadi adonan dan mau dibentuk....ternyata adonannya lembek banget, akhirnya ditambahin tepung, sampe adonan bisa digiling. Selesai giling, adonan dimasukin kulkas.



18. Oven Mama Chris by Lanny, 11/26/08

kesimpulannya :

1. Daku gak telaten kalo untuk urusan yg memerlukan ketelitian...hihihi

2. rasanya ok tapi ntar lain kali maunya pake milk chocolate aja..n gak pake mint essence secara anakku gak tahan makan pedes.


19. Yuliantuyuyun by Yuyun Yulianti, 11/26/08

Biscuitnya lembek bin ajaib, pas bikin musti bolak balik masuk kulkas....repot tapi seneng.... trus hiks biscuitnya melempem...tapi rasanya lumayan enak meskipun menurut lidah aku sich masih kemanisan dikit.... bersambung ke blog beliau.




20.
Kedai Hamburg by Retno Prihadana, 11/26/08

Kemaren dah bikin...dohhh..biscuitnya ketebelaaan...jadi gendutttt. Tambah lagi harus disusun tiga lapis...maemnya kudu buka mulut lebar-lebar :)). Di supermarket deket rumah cuman nemu chocolate couverture yg kadar coklatnya 55%. Begitu udah di coating..koq belepotan nggak bisa rapi gituuu...bentuknya uellleeek, kalo sempet besok mau nyoba lagi. Biscuitnya enak, aku cuman pake gula 1/2 cup aja, buatku itu dah manis banget. Setelah di coating coklat, masih tetep kress...kresss...mungkin karena biscuitku nduuuttt. peppermintnya aku pake natur peppermint dari permen yg digerus.




21.
Dapur Sandra by Sandra Andrisa, 11/26/08

Tidak ada review tapi silahkan berkunjung ke blog untuk step by step foto beliau.






22.
Langkah Kecil by Ema Novita, 11/26/08

Cerita singkat dari mbak Ema :
Bikin biscuitnya gak masalah, cuma ngurangi takaran butter 20 gr aja dan gula jadi 1/2 cup, sayangnya ukuran lebih dari 2mm padahal udah diukur karena itu sandwichnya jadi tebal. Ngolesin peppermint icingnya juga kurang tebal jadi saat dimakan gak berasa. Anakku cuma makan lapisan coklatnya saja, besoknya saat kuperiksa biskuitnya pada gompel semua karena ulah Darrell, sampai sekarang biskuitya masih nangkring di kulkas, kayaknya orang rumah gak terlalu suka.




23.
Notes from My Food Diary by Eliza, 11/26/08

Kesannya:
Biskuitnya enak, gak kalah sama pepperidge farm Milano cookies yang rasa mint, lain kali mau bikin lagi.









24.
Mae's Little Kitchen by Maya Irianti, 11/27/08

Deskripsi singkat mbak Maya :
Sempat harap-harap cemas karena takut gagal, tapi akhirnya prakteknya lancar. Biskuitnya enak dan anakku suka ! belum sempat dicoating biskuitnya udah abis satu loyang.

Baca kisah panjangnya di blognya.



25.
Bunda Tyas by Tyas June, 11/27/08

Makasih ya KBB, ngerjain tantangan KBB#8 ini sampe 2 kali loh, yang pertama krn manggang kuenya gosong dan belom sampe finishing udah abis, jadi bikin lagi deh. Sejauh proses sih lancar2 aja meskipun hasilnya kurang memuaskan jg karena biskuitnya tetep tebel, jadi di tumpuk tiga lapis tambah tebel dehh.....lait aja di fotonya, ih ga keren banget kan? hehehe..........tapi tetep seneng ko' bisa bikin tantangan kali ini plus ikut bikin laporan jg.





26.
HomeMadeS by Arfie Binstead, 11/27/08

Adonan di gilas terlalu tebal, filling terlalu encer...tapi diluar semua itu mbak kita yang juga pemilik klub ini menyukai kombinasi rasa coklat mint dan biskuitnya.

Lebih seru lagi bila berkunjung ke blog beliau untuk review lengkapnya.








27.
Gunung Bahagia by Ezza Tunnor, 11/27/08

penasaran banget.. karena kata yang ngirim resep, ni biskuit bisa di compare dengan tim tam.. makin ga sabar deh pingin nyicip.

tantangan kali ini q bwt tanpa mengikuti diskusi di milis, ga benar-benar telan bulat-bulat tuh resep tapi sambil dipikir dikiiit..

Lanjut ke blog Ezza.


28.
Widya's Little Kitchen by Widya Hidayat, 11/28/08

Hal 'bodoh' kali ini adalah pada saat proses coating dengan Ganache.
Setelah di coating dengan Ganache, aku taruh di atas parchment paper, bukannya di atas rak kawat, hikssss....


Ceritanya bersambung ke blog Widya.


29.
My Khaira by Rosmiyati, 11/28/08

Kisah tantangan kali ini bisa di baca di blog beliau bagi yang memiliki multiply.








30.
Kusuma Kitchen by Nusanti Kusuma, 11/28/08

mbak Santi ini yang laporannya sudah hampir selesai jadi nyantai dulu, tapi saat laporan mau diemail tiba2 monitor kompi gelap gulita untung segera dilarikan ke RS kompi.
Proses pembuatan aman-aman aja... hanya..... manggangnya yang rada kebablasan... gak gosyong sih cuma sawo matang aja... tapi tetep enak loh... rasanya, anakku malah suka yg polosan aja, pas udah dirakit dan dicelup coklat malah gak mau... katanya..."pedes"... kalo kata emaknya... semriwing kayak permen mentos.

31.
Life in Fun & Fabulous Way by Fi Fang, 11/28/08

Ini tantangan pertama aku di KBB, hihihi grogi2 dikit. Tapi lumayan jadi juga!
Tadinya ngebayangin biskuit coating chocolate favorite aku yg biasa dijual di spm! Ternyata yg ini modelnya kayak cookies tulang. Tapi enak kok. Aku suka yang masih polos, blm dicoating coklat!






32.
CeMpLo3K's K!tch3n by Wiedy, 11/28/08

Biskuitnya enak banget walau rada njlimet buat aku yang masih amatiran gini buatnya tapi semua capek terbayarkan pas nyicipin biskuitnya yang baru keluar dari oven..yummy banget tapi kendalanya ganache nda isa set apa kebanyakan cream ya but tidak mengurangi rasanya enaknya kok...tetep aja ludess dimakan anggota keluarga...enak banget ujan-ujan makan biskuit ini sama teh ijo tengorokannya berasa ploooonng banget...yang tadinya mau flu dan batuk jadi sembuh dewh.


33.
Dapur dapuran Nonon by Anindita(Nonon), 11/28/08


Nuangin esens mintnya sambil bengong, jadi begitu dicoba...berasa makan balsem.hi..hi.
lebih lanjut silahkan ke blog mbak Nonon.








34.
Angel's Kitchen by Lia Angels, 11/28/08

mbak Lia yang kreatif bikin proses pencelupannya ada 3 macam. Ada yg cuman dicelup ganache polos gitu aja, ada yg dicelup di ganache yg aq campur sama cincangan kacang mente dan yg ketiga yg dicelup diganache lalu aq gulingkan di cincangan mente. Yang paling enak menurutku hasil yg terakhir. Kriuknya biskuit dgn icing pepermint yg semriwiing dipadu dgn coklat leleh yg menggoda ditambah renyahnya kacang mente..Selanjutnya langsung ke blog beliau.



35.
All to The Glory of GOD by Elny, 11/28/08

Hitam manis...si hitam manis...biarpun dia hitam... dia itu manis loch..dari bentuknya aje dah beda... "HATI" ... belum pernah khan makan peppermint biscuits yg bentuk hati...makanya silahkan di check it out aje sendiri....


Bersambung ke blog mbak Elni






36.
Hijau Pandan by Vivi Rahayu, 11/28/08

Dalam pengerjaannya, seperti biasa untuk kuker dan sejenisnya, mentega dan gula tidak kukocok, hanya diaduk pake spatula. Sedangkan bahannya, dari resep asli yang dikurangi adalah gula kastornya.


Lebih lanjut ke blog vivi





37.
Bellnad by Rita Bellnad, 11/28/08

cookienya sendiri pas manisnya nurut lidah kita, krn dibikinnya pakek gula icing mixture, tapi pas di kasih peppermint icing trus coklat jadi maneeeeeessss, rasa peppermintnya paaasss banget maklum bikinan sendiri hiahahah....

Untuk kisah selanjutnya kunjungi blog beliau







38.
Hersite by Heramesayu Noviari, 11/29/08

Mbak Ayu dengan reviewnya:

Booo, kok lama-lama berasa kenyang yaaak, tapi biskuitnya blom abis-abis?? Gede beneran nih biskuit!







39.
Dapur Ipoek by Mira Assjarif, 11/29/08

Mbak Mira yang kesulitan mencari peppermint essence akhirnya menemukan juga itupun hanya satu- satunya. Untuk dark chocolate 70% yang kebetulan gak ada diganti yang biasa dengan tambahan dark cocoa bubuk. Proses pembuatan masih bingung dengan ukuran kukis yang menurutnya kegedean jadi dipake 7x3 cm saja sisanya pake cookie cutter.
lapisan peppermint tidak memakai icing sebagai ganti dipake gula biasa yang diblender yang hasil akhirnya kurang halus. cerita berlanjut di blog mbak Mira

40.
Desi Ojong, 11/29/08

Setelah lebih sebulan tantangan KBB kali ini nginap di ordner. Akhirnya detik-detik terakhir berhasil juga menyelesaikannya. Pembuatan biskuit ini memakan waktu lama. Kalau dihitung-hitung saya membutuhkan waktu 4 hari untuk menyelesaikannya. Bagaimana nggak, setelah biskuits dipanggang saya biarin aja tuh didapur karena saya agak sibuk akhir-akhir ini. Alhasil biskuit dicomot sedikit-dikit. Mulai dari yang jelek-jelek sampe yang bagus-bagus pun akhirnya menghilang satu-satu oleh pengunjung dapur saya.

Kisah selanjutnya ada diblog mbak desi.




41.
Seventeen by Nifti Ventin Cahyani, 11/29/08

mbak Nifti yang tinggal di Mesir dan gak menemukan peppermint flavour sampai bela-belain nitip suami yang lagi dinas ke Canada.

Takaran resep gula di kurangi 50 gr tapi rasanya masih juga kemanisan sampai gigi ikutan ngilu, mungkin karena coklat yang dipake bukan dark chocolate 70%.
Cerita bersambung ke blog Nifti.





42.
Dapurnya Arta by Artalina, 11/29/08

Bagi mbak Artalina tantangan kali ini lumayan mudah. Kesulitan tetap ada terutama saat nyetak adonan yang terlalu lembek sehingga bentuk kukis jadi amburadul dan juga saat di coating ganache tidak mau kering dan lengket ditangan...

Pengalaman beliau pada tantangan kali ini bisa baca selanjutnya di blog
Dapurnya arta.

43.
Dapoerkoe by Ine Sena, 11/29/08

Dari cerita mbak Ine setelah membaca resep sepertinya gampang bikinnya. Tapi ternyata...beribet banget. Trus dari proses pengerjaan sampai dapat hasilnya hampir semua diluar perkiraan, rada-rada kurang memuaskan. Honestly tantangan kali ini membuat gw memble deh..

Cerita menarik selanjutnya langsung ke blog mbak Ine.





44.
Fonie N Panama by Fonie, 11/30/08

akhirnay dah jadi nih
tp tak suka gue setelah dipaekin coklat..duh pahit banget...engga bisa kemakan kyknya
untung ada yg tak kucelup kecoklat...




45.
Nayla Cantik by Kartika Binakasih, 11/30/08

Sabtu sore bikin filing 1/2 resep karena biskuitnya sebagian udah masuk perut , tapi ngoles ke biskuit ternyata susah bangets yha..., teruss begitu jadi satu... langsung test rasa... n ternyata muaniz bangets.. , jadi...next harus lebih tipis lagi.... Akhirnya dengan susah payah dioleslah si filing tersebut ke biskuit setipis biskuit dengan resiko beberapa patah2. Ups ada yang ketinggalan... untuk pepermint pake permen polo... soale takut pake essence yang kadar alkoholnya tinggi bangets ituw cerita yang lain ada di blog mbak Kartika




46.
Mindheartjournal-cake-cupcakes dan mommy cakes jogja by Sofia Ristanti

buatku yang ini tantangannya gedee banget,mulai dari lagi baking blue karena pikiran ribet soal pengasuh alvino, terus baca resepnya ko takut gagal whuaa bs gak yaa..bikin tim-tam ini.
beli bahan sudah jauh-jauh hari sejak surcint nyampek, tp dibikinnya pas hari terakhir, ini yang paling mefet aku kerjain dari tantangan-tantangan kbb sebelumnya.
Lanjutannya di blog.


47.
Kurins by Rini, 11/30/08

So far sih run smoothly... secara ternyata eikeh masih punya stok essence mint. Tapi bow.. pas lagi aduk adonan isi, tuh essence kebanyakan... alhasil rasanya jadi kek permen mint... pedess







48.
Beebrownies by Metha Syarief, 11/30/08

Kesimpulan kuw setelah buat biscuit ini, selain agak repot, dalam menggilas adonan aq ragu,kalo ketipisan, nanti susyah dipindah ke loyang utk kemudian di oven mpe mateng.

Lika likunya silahkan langsung ke blognya.



49.
Bania's Kitchen by Atiek, 11/30/08

catatan untuk tantangan yang aku buat kali ini..
-Hasilnya memang enak.. anakku suka. Tapi karena adonannya lembek banget, jadi proses pembuatannya lama banget.. Biar nggak lembek mungkin mentega dikurangi ya..
- Gula: kalo nggak ada gula kastor sebaiknya gula biasa diblender dulu.. aku kelupaan euy..





50.
Rumah Ziza by Tanti SW, 11/30/08

biskuit yang saya buat coatingnya terlalu tebel sehingga kurang mulus..
essence mint saya ganti dengan daun mint yang diseduh air panas.. Filling terlalu pekat..susah untuk dioleskan dibiskuit...
setelah dicoating coklat biskuit jadi mlempem..secara keseluruhan biskuit terlalu manis.



51.
Precisely Delicious by Tisha, 11/30/08

sekilas ttg proses
-saya gak nemu peppermint flavoring, akhirnya saya ambil 3 buah permen mentos, trus tak ulek.. dan dikasih air dikit. Rasanya semriwingggg bangettttt

-saya juga menambahkan 1 cup lagi tepung supaya gak lengket





52.
Dua peri by Yetty Enyta, 11/30/08

Tertarik step by step mbak Yetti ? silahkan kunjungi blog Dua Peri.







53.
Chefwannabe by Yulia Riani, 11/30/08

Untuk step by step dan ceritanya silahkan ke blog langsung.











54.
Ibu Tio by Susi Dwiyanti, 11/30/08

tantangan kali ini relatif mudah, kecuali memang adonan yang cukup lembek(seperti sudah didiskusikan di milis), tapi tidak masalah karena jadi keras juga ketika dimasukkan ke dalam kulkas. Hanya saja untuk krimnya...mintnya terasa sangat pedas menyengat akibat tidak pengalaman dengan perasa mint yang bentuknya oil...ternyata hanya diperlukan beberapa tetes tidak perlu sampe 1/2 st.
Cerita menarik selanjutnya silahkan klik blog mbak susi.

55.
Just Noe by Noe Smith, 11/30/08

Sekilas infonya :
Proses bikin biskuit cukup mudah, kesulitan pas memotong persegi 7x5, masih belum bisa rapi. Bikin dua kali, yang pertama ketebelan banget mirip bantal jarum. Kali kedua dibuat tipisan, verry nice! Lebih krenyezzz. Ada request dari orang rumah, fillingnya diganti caramel aja.
Berlanjut ke blog mbak Noe.


56.
Rea's K├╝che by Putu rea, 11/30/08

Ada cerita mengejutkan sekaligus bahagia dibalik padatnya schedule mbak Rea.
Bagi yang pengen tau silahkan langsung ke blognya.





57.
Dapur Mamakoe by Ida Farida, 11/30/08

Ditengah2 anak yg sakit panas dan yg mau ujian UAS aku coba bikin tantangan ini. Cuman kendalanya biscuit yg aku giles masih agak tebel jadi pemanggangannya kudu lebih lama dikit.







58.
Violet's Hill by Sofie Minawati, 11/30/08

setelah susah cari yang berbau mint, mau daun mint segar ataupun esen, dan ngga ada waktu lebih untuk bereksperimen pake permen atau sebangsanya, akhirnya memilih minta dikirim esen mint dari Bandung hehehe..

Proses bikinnya sih ga banyak masalah. Cuman agak kerepotan sama adonan yang lembek, sampe harus bolak-balik masuk kulkas. Dan ternyata hasilnya emang ueenaaakkk.




59.
From Anne's Kitchen with Love by Andrie Anne, 11/30/08

Miss deadline...hehehe gak kog masih ada yang lebih telat dari non satu ini akhirnya bisa menyelesaikan juga tantangan kali ini.

Untuk lebih jelasnya mengapa Anne merasa kena batunya silahkan baca kisahnya di blog beliau.



60.
de Rakyans by Lina Hidayat, 11/30/80

Kejadian lagi deh gue kirim laporan dihari terakhir. Tadinya mo bikin jauh2 hari tapii…kepentok di kamera euy, giliran ada kamera gak ada kesempatan karna kudu ngerjain orderan aahhhh…nasib tukang kue.

Klik foto atau nama blog untuk kisah serunya.




61.
Mama Adel N Shireen by Reni Fitriani, 11/30/08

Karena mengira bulan ini sampai tgl 31 mbak Reni akhirnya ngebut ngerjain tantangan kali ini yang dibikin 1/3 dari resep saja.

Cerita lainnya berlanjut di blognya.



62.
Etie, 11/30/08

Walau mefet bikinnya dan kena error pas ngirim, ternyata masih sampai :)









63. Nieza by Yanni, 11/30/08

Berikut laporannya..dari mulai tahap awal tidak ada kendala yang bearti cuma pada saat pembentukan aja adonan lembek bgt sampe terus tambah tepung meski dah dari kulkas tapi akhirnya nyerah juga bulak balik kulkas..belum lagi kertas yang pas pasan..

Pengen lebih seru ? klik saja blognya





Non Blogger :

64. Dewi Oni ( non blogger), 11/24/08

Kebetulan bulan ini adalah Bulan Super Sibuk jadi baru sempat bikin tantangan minggu ini, dan karena rajin menyimak cerita dari teman2x di milis mengenai tingkat kemanisan biskuitnya jadi aku mengurangi takaran gula menjadi 1/2 cup, dan memang dengan begitu saja menurut aku yang tidak suka manis masih kemanisan.Untuk adonan biskuit karena mengantri panggang terpaksa harus bolak balik masuk kulkas. Hasil pemanggangan tidak melebar. Waktu memberi icing juga tidak ada masalah tetapi........waktu mengcoat dengan coklat nachhh ini sangat bermasalah karena hasil coatingnya tidak bisa rapih....dan coklat di bagian bawah agak basah...dan tidak mau kering walaupun sudah dimasukkan ke dalam kulkas.
But anyway busway........secara keseluruhan rasa biskuit enak dan renyah, coklat yang aku pakai adalah Bittersweet dark coklat Hershey sehingga rasa coklatnya ok (menurut aku lho) dan juga karena aku penggemar berat coklat mint (maniak berat after eight) jadi aku sukaaa sekali dengan biskuit ini walaupun rasanya agak kemanisan .....
Dan 1 hal lagi yang sangat aku rasakan adalah seiring dengan berjalannya waktu bersama KBB aku merasa semakin PD dalam hal baking minimal jika membaca resep yang diberikan aku tidak panik lagi seperti waktu awal mengikuti KBB, karena aku sudah belajar banyak sekali dari teman- teman semua.


65. Emma Isti, 11/30/08


Waaah tantangan kali ini memang bener-bener menegangkan...panik...deg-degan campur aduk jadi satu. Yang paling bikin menegangkan bukan saat baking...coating biscuit dengan coklatnya....tapi saat edit foto dan ngarang cerita.
Biskuit sudah dibuat di minggu ke-2 setelah surcin di terima tapi memang belum sempat finishing. Tapi karena dalam bulan ini lebih banyak kegiatan di luar rumah dan ke luar kota, akhirnya pengeditan di lakukan di tempat yang beda. Dan ini yang jadi sumber petaka, ada saja kendalanya...yang fotonya nggak bisa dieditlah...terhapus dan tercecer di beberapa tempat. Hambatan lain, saat melapisi biskuit dengan coklat. Biskuit dilapisi dengan coklat yang menggunakan cream dan coklat saja, coklat yang dipakai couverture sesuai yang diminta resep. Yang menggunakan cream hasilnya agak gelap dan bentuknya kurang mulus...Dari segi rasa, cukup ok...manis dari biskuit yang sesuai resep bisa diimbangi dengan rasa pahit dari coklat 70 % dan plavor mint.

66. Sulistiani 12/1/08

Mba Ini laporanku ya.Ini KKB-ku yg pertama........Sebenarnya nyiapin bahannya shih udah jauh2 hari..tapi ko ya tetep bikinnya mepet euy!Step- setep yg aku kerjain seperi membuat kue kering biasaAdonan utamanya seperti mmbuat kue keringaku ngocok adonannya pake whisk yg bentuknya spiral(manual) karena takut kuenya mleber..Kadang anakku yg cewe ikut ngadon juga :)setelah jadi adonan dan disimpen difreezer aku cetak sesuai ukuran dalam resep.dan setelah masuk oven...........waaaaaaaa.... adonannya mleber banget :(jadi pas setengah mateng aku potong2 lagi dehpas ngoles dengan icing pepermintnya san ganache sih lancar..coklatnya aku pake DCC yg biasa..ganachenya enak banget!.......anakku sampe ga' brenti noel-noel



ABSEN :
  1. Efi Andra
  2. Rita Herni
  3. Linda Salma
  4. Endhy Priyono <http://mamadirumah.wordpress.com/>
  5. Tuti
  6. Widya Putri
  7. Reri Ardyani
  8. Lian

11 comments:

  1. Wuaaah, udah ada round up-nya. Cepet bangged. Salut untuk mbak Ellen, mbak Arfi dan mbak Regina. Terimakasih yaa udah jadi ibu host untuk tantangan kali ini. Insya Allah ke depan gag mepet2 lagi kalo kasi laporan, amin :)
    *mau jalan-jalan dulu nyomotin biscuits men-temen, hihi*

    ReplyDelete
  2. hebring round-up-nya *kasih tepuk tangan* ngider dulu aahh

    ReplyDelete
  3. Duh seneng deh akhirnya masuk juga biscuit eike di round up. Thanks yah Mba Ellen dan Mba Arfi. Huhuhu.. Jadi nggak enak dipanggil "Mbak".

    ReplyDelete
  4. Hola Host! udah liat hasil round upnya .....tengkyuuuu...., mau jalan2 sebentar ah...

    ReplyDelete
  5. round up kilats...

    jadi ga enak..dipanggil mbak...hi..hi..ngider duluw aaa...

    ReplyDelete
  6. Wah!! takjub sama hasil jepretan temen2 yg lain!! keren2 banget....!
    jadi terpacu...Selamat ya mba ellen & mba arfi atas round up nya.

    ReplyDelete
  7. sukseees round up nya ! aduuh bulan depan gimana ya ? *stress yg mo jd host*

    ReplyDelete
  8. @ Ayu: amiiiiiin mudah2an tahun depan ga ada yang bolos ya.

    @ Ndoel: silakan ngiderrrrrrr

    @ Mira: nyang manggil mbak itu Ellen bukan dakuw loh hiyayaya (ab)

    @ Kartika: JJS daaaaaaah!!

    @ Nonon: gw manggil elu mbak? *gubraaakkkssss!!* (ab)

    @ Fi Fang: trims juga entrynya hihihi

    @ Mae: kan tandem Mae! hiyahahaha!!!

    ReplyDelete
  9. gue absen makk...huhuhuhu soalnya sebulan di karantina ikutan pendidikan jadi ga bs bikin, tar akhir minggu gue bikin, ini baru pulang tadi malem....sowrii yaa..yang jelas pasti gue kerjain..hehehhe

    ReplyDelete
  10. Yuhuuuuuuu terima kasih buat Mba Ellen yg dah sempet2-in jd host pdhl lagi ribet ada baby..juga buat Mba Arfi dan Mba Re..keren round upnya...plok..plok..plok...

    ReplyDelete
  11. i baru baca nih round upnya..
    tambahan aja nih yg laporan gue, itu biskuit setelah disimpan dikulkas enak loh,(engga pake mint isian) kapan2 gue pasti bikin lagi yg rapian dikit soale itu pas deadline banget....
    thx ya host..resepnya yahud,

    ReplyDelete