Tuesday 2 December 2014

Round up KBB#43 Mexican Buns aka Rotiboy

Assalamualaikum

Dan sampailah kita di tantangan KBB#43 di ujung tahun 2014, tetap semangat untuk menaklukan resep-resep asyik. Bersama-sama mengasah kemampuan, berbagi pengalaman dan mencabar imajinasi untuk menerjemahkan resep sehingga hasil akhirnya bisa sesuai harapan.

Untuk edisi November-Desember 2014 ini, kita ditantang untuk membuat mexican buns atau lebih dikenal dengan nama Rotiboy. Tentunya sudah familiar ya dengan roti ini, tetapi uniknya kita memilih untuk menggunakan metode tangzhong/water roux. Yaitu memasak adonan biangnya terlebih dahulu, metode ini diakui salah satu metode yang berhasil membuat roti yang empuk dan lembut.

Sampai dengan batas waktu yang ditentukan, terkumpul 32 laporan yang masuk ..dan rata-rata semua mengakui hasil buns yang empuk dan lembut meskipun adonan lebih lengket dan susah untuk ditaklukan saat menguleninya

Berikut hasil karya member maupun calon member yang super keren..silahkan menikmati

1. Rachmadini Adi Putri dari http://dinicookingstories.blogspot.com/
    

Dini mengirimkan laporan 2kali loh, yang pertama ketika surtjin dikirimkan, ternyata Dini salah liat tanggal batas laporan hehe. Dan kali ini laporan yang kedua "percobaan pembuatan yang pertama hasilnya tidak memuaskan karena adonan tidak kalis ( efek ga ngulenin secara maksimal), percobaan yang kedua adonan berhasil kalis walaupun efeknya tangan 2hari terasa pegel"
Wahh..salut buat kamu ya Dini..semangat membara pantang menyerah dan rotiboy punyamu cakepp banget. Setuju kan temen-temen...



2. Nicky Utari pemilik blog www.missotodidak.wordpress.com / J'aime Cuisiner

"Seru banget bikin Roti Boy... Gak cuman aku aja yang excited, tapi orang keluarga juga excited pas tau mau bikin Roti Boy.. Roti heitz yang gerainya makin menjamur, bahkan sampe ada tiruannya, ternyata gak susah yaaa bikinnya.. Meskipun gak persis banget sama produk aslinya, tapi segini pun udah sangat memuaskan aku sebagai pemula di perbakingan dan tentunya menyenangkan bagi orang rumah yang tugasnya icip-icip dan "hap" ke mulut ajaaaa... hehehhee... Thanks KBB! Muaaachh.."

Seru-seruu..emang yang paling hepi itu kalo keluarga menyukai hasil baking kita ya. Congrats buat Nicky..sampai ketemu tantangan KBB bulan depan




3. Abidah Ulya Fitriyah yang aktif di blog http://dapurkaylia.blogspot.com/

Abidah yang sudah melewati 2kali tantangan pra member, kali ini berhasil lagi menaklukan tantangan KBB
"Dalam membuat tantangan ini Alhamdulillah tidak ada kendala yang berarti, Hanya saja dalam mengoleskan topping kurang banyak sehingga ada sela adonan topping yang tidak menutup seluruh permukaan. Untuk fillingnya karena ada sebagian yang tidak tertutup rapat sehingga sebagian butter meleleh keluar 
Dari segi rasa dengan metode ini membuat roti bener - bener awet empuknya. Karena tidak termakan semua aku simpan dikulkas dan waktu mau makan tak hangatin lagi tidak membuat roti menjadi keras.
Kakak antusias banget buat roti ini karena aku janji nanti yang buat toppingnya dia. Karena kerja bareng anak - anak itulah ada kurang sana sini it's ok itung - itung buat kasih belajar kakak"

 4. Vina seorang blogger pemilik Zeelovkitchen.blogspot.com

Waw waw..rotiboy karya Vina kelihatan enakkk banget ya. Serasa pengen nyomot aja nih hehe. Eh reviewnya juga asikk nih :
"Siapa yang nggak kenal roti Boy?! Empuknya roti dengan toping harum kopi yang renyah, plus isian butter yang wangiii. Apalagi pas cuaca hujan seperti ini. Hummm.. Nggak bakal tahan sama godaannya deh.. Sekali kali kita coba bikin sendiri yuuk, mau tau caranya?? Sini deh kubisikin cara bikinnya di Zeelovkitchen.blogspot.com. Yuuuk nge "rotiboy"

5. Ade Sri,  yang hasil kitchennya bisa dilihat di http://goodiebake.com/

Superr yummy penampakan roti boy punya Ade Sri.. toppingnya kelihatan menarik. Ini nih reviewnya "Sudah lama banget pingin bikin Rotiboy sendiri, baru sekarang kesampaian. I love you full, KBB. Tantangannya adalah adonan kalis masih aja pliket, tandanya ini roti bakal lembut dan empuk banget, tapi setelah mengembang sih normal aja, gampang dibentuk seperti layaknya adonan roti biasa. Saranku, isian butternya dibanyakin aja biar berasa lebih maknyus."
Siyappp ..yuk yang mau bikin roti boy secantik ini, kita ikutin sarannya Ade Sri. By the way..I love you too Ade..
6. Eni Mahmudah, penulis blog http://dapurmamasarah.blogspot.com/


Satu lagi karya spektakuler yang masuk sebagai laporan, yaitu rotiboy karya Eni. Gimana??? setuju kan...keren..keren
"Maaf admin baru setor ni... Sebenarnya eksekusi sudah lama karna penyakit males upload ke blog jadi di tunda2 dech ngirimnya. Sebenarnya saya sudah pernah membuat roti dengan tekhnik Water roux ini, tapi waktu itu resep yang saya gunakan tidak menggunakan telur. Makanya ketika ada tantangan KBB#43 Mexican Buns aka Rotiboy, saya langsung eksekusi dan dengan pedenya saya langsung buat 2 resep sekaligus saudara saudara xixixi.... Karna waktu itu saya berpikir bahwa kita serumah penggemar roti jadi tanggung kalau buat sedikit hehe.... tapi ternyata setelah di eksekusi eng...ing....eng..... baru tau dah ternyata adonan water roux dengan menggunakan telur lebih lembek dari yang tidak menggunakan telur, saat itu sedikit membuat hati saya dag....dig....dug....ser.... hehe...apaan coba.... tapi pede aja langsung saya tambahkan sediikit tepung agar tidak terlalu cair saja hingga seperti tekstur adonana water roux yang tanpa telur.

Dari dua resep tersebut saya saya bagi menjadi roti kepang besar 1 buah, roti sobek 2 loyang, roti manis durian 5 buah, roti boy 9 buah.
Untuk isi saya menggunakan mentega yang salted. Dan untuk toppingnya sayang saya terlalu banyak memberikan pasta mocanya jadi hasilnya lebih gelap dari roti boy biasanya hehe.....
Tapi untuk rasanya di jamin dech suupeeerrr leeemmbuuuttt..... walau tanpa pelembut sekalipun."
Well done Eny, kudu setor laporan untuk next surtjin yaa. Hehe...

7. Iyam Mariam, pendatang baru eh calon member yang punya akun FB Iyam Mariam 

Rotiboy yang layak jual ini namanya ya.. mengembang sempurna dan tekstur ringan lembut. Kata Iyam "ini adalah laporan pertama saya sekaligus tantangan untuk bisa bergabung dengan Klub Berani Baking.
Saya berusaha untuk mendapatkan hasil maksimal walaupun masih banyak kegagalan dan kekurangannya.
Untuk cerita seru nya sudah saya upload di akun Facebook pribadi saya lengkap dengan behind scene dan foto step by stepnya.
Mudah-mudahan saya dapat lulus dan dapat melanjutkan ke tantangan berikutnya.
"


8. Pungkasari, biasa kita lihat update karyanya di www.mommychefpungka.com

Cerita seru dari Pungka "
Untuk tantangan kali ini laporan saya terlambat, dikarenakan jadwal sekolah yang dirubah ke pagi selama winter, plus charger komputer saya yang rusak dan baru sempat beli baru beberapa hari yang lalu, hihihi... jadi baru bisa update blog, edit photo, dll
Metode Pembuatan roti dengan adonan tangzhong ini sedikit berbeda dengan pembuatan roti biasanya, adonan terbilang lengket, tetapi setelah proses fermentasi 1 ketika adonan akan digiling dan diberi filling adonan tidak terlalu lengket lagi (nah disini adonan baru mulai kalis), saya menggunakan expresso bubuk sebagai topping, hasilnya harum khas kopi walaupun tidak ditambahkan coffee/mocca essence, dan hasil roti dengan adonan tangzhong ini sangat lembut.
Roti ini khusus saya sajikan untuk anak anak saya dan tetangga saya yang sedang membantu saya membersihkan daun daun yang rontok setelah musim fall, hmmm... dingin dingin, menikmati mexican bun hangat hangat memang passsss sekali :)))"
Aihh Pungka ..mauu dong jadi tetanggamu..hehe. Selalu semangat baking tantangan KBB yah.

9.Jenie Tjahja, peserta pra member yang berhasil mengeksekusi surtjin KBB#43. Blognya bernama www..jenies-corner.blogspot.com

Nah, Jenie kayaknya lupa mengirimkan hasil akhir buns-nya ya. Padahal melihat persiapan kelihatan oke bangett tuh, bulatt muluss, hehe
Katanya nih "Laporan pertama untuk kbb, membuat mexican bun. Karena penggemar roti jadi agak serakah bikinnya. langsung aja buat 2 resep. Sebelumnya sudah pernah juga membuat roti dengan metode tang zhong ini. Menurut saya, metode tangzhong ini membuat adonan roti lebih lengket daripada adonan roti dengan metode biasa. Tapi hasilnya tidak diragukan lagi emang empuk banget. Membuat mexican boy kali ini, saya membuat 2 kesalahan yang seharusnya bisa lebih baik lagi. karena serakah buatnya kebanyakan jadi meletakkan di loyang terlalu berdekatan akhirnya setelah di proofing nempel satu sama lain. jadi gak cakep lagi. Kesalahan kedua, karena doyan rotiboy yg dalamnya menteganya enak bangeet , faktor serakah juga potong butternya gede2 hahaa akhirnya keasinan beneran deh secara yg dipake kan unsalted butter. Mudah2an next time lebih baik lagi..Yuk diliat aja dulu resepnya." Kalo cerita lengkapnya ada di sini
Iya, its okay Jenie. Kamu berbakat kok, tetap semangat di KBB ya.

10. Dhiah Nuraini (non blogger)
Ini pertama kalinya saya membuat roti dengan metode tangzhong. Pernah baca-baca tentang metode ini, tapi belum tergerak untuk nyoba. Karena ditantang di KBB, dan boleh pakai mikser mengadonnya, jadi ya langsung dieksekusi. Bahan-bahan sudah dikumpulkan, alhamdulillah semua ada, kecuali esens kopi. Tapi karena katanya boleh pakai kopi instan, ya pakai kopi instan saja. Belakangan baru ketahuan, ternyata kameraku ketinggalan di kantor! Karena sudah terlanjur nafsu untuk eksekusi, ya sudah pakai kamera handphone saja. Kalau gambar-gambarnya kurang jelas, mohon maklum ya, belum terbiasa pakai kamera handphone ini. Biasanya cuma dipakai untuk foto-foto iseng aja. Semua tahapan dalam surtjin aku ikuti plek-ketiplek. Cuma.... kok adonan rotinya lengket banget ya? Jadi aku tambah terigu kira-kira 2 sendok makan, dan pada waktu membulatkan adonan mejanya ditaburi terigu supaya adonannya gk lengket di meja. Semua tahapan dan proses berjalan dengan lancar. Rotinya mengembang dengan baik. Cuma rupanya aku kurang rapet waktu menutup adonan setelah diisi mentega. Jadi menteganya banyak yang meleleh keluar pada waktu dipanggang. Tapi secara keseluruhan hasilnya oke bangeeetts! Suamiku bilang, rotinya lebih enak dari pada Roti Boy yang asli, karena gak terlalu manis. Rotinya juga masih tetap lembut dan empuk sampai besoknya, meskipun tanpa tambahan pengempuk atau emulsifier.Yang lebih heboh lagi keponakanku yang aku bawain roti ini. Dia ribut menyuruh istrinya untuk mencicipinya roti boy yang paling enak (hmmmm..... seneng juga sih liat rotiku laris manis...)
Kalau menurut aku catatannya cuma satu, aroma kopinya kurang kuat. Mungkin memang harus pakai esens kopi supaya pada waktu dioven wanginya bisa semerbak ke mana-mana.
Noted Dhiah, makasih sarannya. 

11. Rusma Dwiyana
 Cakepnya mexican buns karya Rusma. Review nya "Tantangan pertama dari KBB itu sesuatu banget...apalagi kalo akhir tahun seperti ini  yang penuh dengan kewajiban untuk nyusun laporan kantor n sisa-sisa dinas:D Jadi kemarin pulang dinas luar kota, malam-malam yang dingin, dipaksain masuk dapur dengan mata ngantuk dan badan yang rentek...
Sebenarnya ini pengalaman kedua untuk ngolah mexican buns, tapi juga pengalaman pertama pakai teknik thangzong.
Adonannya lengket banget, jadi setelah dikocok dengan mixer, aku serahkan mbak BM untuk menguleni si adonan. Butuh bantuan lumuran terigu pada tangan untuk membulatkan adonan biar gak lengket. Adonannya lengket apa karena aku tuang semua susunya ya?
Resep disesuaikan dengan bahan yang ada di rumah, susunya dicampur air dikit karena habis:D Butternya aku pakai yang salted karena adanya hanya itu. Untuk topping aku tambahkan 1 sachet goodday cappucino n sedikit pasta mocca. Tapi tetap rasa kopinya belum nendang. Secara keseluruhan gak terlalu sulit untuk mengerjakan tantangan ini. Yang jadi kendala, waktu yang dibutuhkan untuk merehatkan adonan itu yang bagi aku lamaaa buanget, apalagi ngerjainnya malam n dimusim ujan gini yang rasanya enak banget kalo kemulan, hehehe.Demikian laporannya host, maaf fotonya gak tajam karena diambil malam hari begitu si roti keluar oven plus aku lupa foto step by step nya karena dah ngantuk berat.
Terima kasih untuk tantangannya :)"
Terimakasih juga Rusma, next surtjin harus setor laporan yaa, supaya lolos jadi member.  

12. Jane Sipasulta, author blog www.myfunkitchen.blogspot.com
Selalu kagum dengan hasil bakingnya kakak Jane, udah layak ditayangkan di bakery gitu yah. Cerita lengkap proses ngerotiboy bisa kita baca di sini.
Sementara reviewnya adalah "Bikin roti ini ngga cukup kalau cuma 1 resep, secara serumah doyan semuaa..hehehe..Highly recommended recipe, apalagi resep toppingnya.. Mantapp!
Aku beberapa kali bikin mexican buns dgn resep yang berbeda beda tapi gak pernah sebagus ini hasilnya...
"
Yeayy..makasih yakasih semangat buat host jugak. Kudu semakin rajin hunting resep-resep oke nih 




13. Rina Lestari
Meskipun pendatang baru di KBB, tapi laporannya bagus banget loh. Kalo menurut Rina, setelah berhasil menyelesaikan rotiboy  "sebagai pelamar anggota baru di KBB, saya mau nyetor PR perdana saya.
saya menggunakan resep yang dishare dari KBB. sebenernya saya agak males bikin roti karena males ngulenin adonan sampe kalis huehehehe.. tapi demi KBB, saya bela2in ngulenin adonan sampe setengah jam, padahal udah dibantu diulenin sama mixer. daripada nangis bombay klo rotinya gagal..
alhamdulillah rotinya uenaaakkk. empuk banget! tapi sayangnya toppingnya ngga cukup, alhasil adonan toppingnya ngga nutupin seluruh permukaan atas roti. ehehehehehe.. dan hasil toppingnya ngga garing kayak rotiboy di toko. hiksss..
tapi anakku doyan bangetttt.. seneng deh akhirnya bisa bikin roti pake metode water roux. hihihi..terima kasih KBB! semoga saya bisa makin pinter dan diterima jadi anggota KBB beneran. ahahahay.. ;)"
Wah, beneran ikut hepi deh, roti boy hasil bunda disukai si kecil. Jangan lupa next surtjin harus ikut, supaya lolos pra member. Semangatt

14. Setiawati Wangrahardja, hasil dapurnya kita boleh intip-intip di setiawatiwangrahardja.wordpress.com /Rumah Mungilku atau bisa juga langsung klik ini
"Hmm...kali ini bikin roti boy atau mexican buns. Kebetulan si kecil beberapa bulan yg lalu pernah minta dibuatkan roti ini.Bawaan emaknya sibuk mulu plus males, kalo bikin rotikan lumayan makan waktu. Untungnya surat cinta dr KBB datang jadi mau nggak mau maksa emaknya untuk bergerak nuntaskan PR :P Pernah sekali bikin Roti boy atau sekarang ada versi tandingannya roti O. Tp itu nggak pake metode tanzhong. Berapa kali nyoba bikin roti pake metode ini gagal mulu, karna perasaan adonan lebih lengket dari adonan roti yg biasanya. Belajar dari kesalahan yg dulu-dulu setelah adonan kedua dicampur tanzhong adonan aku masukkan dalam pengadukkan breadmaker.
Setelah itu aku uleni sebentar pake tangan walau awalnya memang masih agak lengket tp selang berapa waktu adonan akan kalis . Lama proses pemanggangan aku ngikuti resep yg diberikan nggak pake lama."
Tuh kan terbukti ikut KBB emang nyengengin, bisa mengabulkan permintaan putra tercinta hehe. Apalagi hasil bakingnya okeee banget.

15. Renny Susanti, pemilik blog evanyacooks-renny.blogspot.com 
Review : "Yang kedua kali bikin roti boy, kali ini dengan metode tangzhong. Hasil akhir sangat memuaskan baik rasa maupun penampakannya"
Sedikit sharing, ketika proses shapping terakhir, saya mengoles tangan dengan sedikit butter sehingga adonan bisa dibentuk bulat dengan cara seperti mencetak bakso, butternya langsung kita selipin ditengah dan kita dorong sehingga bulat terkunci sempurna. Dan yang penting adonan tidak lengket melekat di tangan




 
16. Marieska Sebastian, silahkan teman-teman mampir ke blog Sebastiansfoodism.blogspot.com untuk melihat update karyanya.
Marieska ini salah satu member yang aktif rajin mengirimkan laporan, dan hasilnya selalu kece badai seperti contoh disamping.
"Terima surat tjinta dari KBB selalu membuat berdebar senang. Ternyata tantangan KBB kali ini adalah Mexican Buns a.k.a Rotiboy. Aku sudah lama mau mencoba resep Mexican Buns. Tapi selalu saja ada resep lain yang mendahului dibuat. Makanya senang sekali waktu terima surtjin KBB#43 ini."
Kami juga selalu menunggu laporan kamu loh Marieka, selalu semangat yaa.


17. Maya, yang suka narsis karya dapurnya di http://mayaworlds.blogspot.com/
 "Sempet galau n bete karena pas ngembang gak kepoto, keburu 'ditonjok' biar kempes, eh lupa poto poto padahal ngembangnya bagus deh...hiks.. 
Tapi kegalauan terobati waktu rotinya mateng, endangestaurina endes mendes.. enak buanget, empuk sampe besoknya, mirip sama yang dijual di toko toko ituh,hihihihhiii.. makasih buat resep yang spektakular ini ya kbb tertjintah =D"
Hehehe.. indah pada waktunya ya Maya, selamat udah berhasil bikin rotiboy yang cantik cantik



18. Ayie Ho

Ayie mungkin kelupaan ya ndak kasih review proses bakingnya, next time ditunggu laporannya yang komplit ya sayang.. by the way silahkan teman-teman klik di sinyie.blogspot.com





19. Evi Yulianti


   "Senang bisa ikut tes menjadi member di KBB ini, utk saya ini adalah tantangan pertama dari dua tantangan yang harus saya ikuti. Utk tantangan pertama ini,  buat saya cukup tegang karena tdk pernah membuat roti,  dan ini adalah yang pertama untuk saya, tapi asik juga, seperti saat menaruh topping yg pertama karena kurang banyak jadi tdk menutup keseluruhan Buns, juga bagian bawah gosong,  tapi setelah lihat orang - orang yg mengakali dengan memberi air dalam mangkok di dasar oven,.roti yang di hasilkan sesuai harapan,  bawahnya kering,  rotinya lembut dan toppingnya Krispy."
Evi yang aktif banget berkarya didapur, bisa kita kenal dekat di blognya yaitu
www.djowoklaten.com
Selamat datang di KBB ya Evi, nantikan tantangan ke dua kamu


20.  Monica Adriana dari http://maribermaindidapur.blogspot.com/

Si cantik ini adalah co host untuk KBB#43 (makasih ya Monica)
Kata Monica nih " Menarik dan menyenangkan sekali bikin mexican buns aka si roti boy ini, saking enaknya hasil adonan tangzhong sampai dibela2in bikin 2x. Dan masih pengen bikin lagii.. Abisnya enak banget2.."
Eits.. cerita lebih seru ada di sini





21. Molly Maulina pemilik http://nengimol.wordpress.com 
"setelah sekian kli ijin gak ngerjain PR kli ini bulat tekat ikutan ngerjain PR walau tetep sih mepet2 juga ngerjainnya.
Bikin sore2 di udara mendung bandung udh deg2n aja gk ngembang adonannya, taunya tetep ngembang dg cantik.Seneng banget sama roti ini udh disimpen 1 malem pun tetep lembuut..."
Nah, ayo ditunggu laporan-laporan kamu lagi ya Molly. Kayaknya bulan depan masih musim hujan deh, masih cocok untuk baking sambil ngangetin badan hehehe.. 

22. Widyasuci

Hasil baking yang cakep, dengan foto yang cantik dan selalu menularkan confident dan semangat untuk setia sama KBB, iya itulah mba Widya. Reviewnya "Adonannya lembek, sulit dibentuk. Jadi saya gunakan loyang cup untuk memanggang. Penampakannya jadi seperti roti bluder. Karna untuk topping hanya menggunakan kopi, atasnya tidak terlalu coklat. Akhirnya adonan topping saya tambahkan coklat sauce, hasilnya lebih coklat & enak....Rotinya lembut. Adonan seperti ini malah menjadi inspirasi untuk membuat roti kismis. " Nah untuk lebih lengkap ceritanya silahkan klik langsung ke Widyasc Kitchen Exploration

23. Sandra Andrisa dari http://dapur-sandra.blogspot.com/

"Ternyata membuatnya sangat praktis dan topping nya mantap", itu komen singkatnya Sandra.Nah ayuk deh kita sama-sama baca komplitnya di sini







24. Dwi Hesti dikenal dari blog www.mykitchennotes.blogspot.com

Laporan yang masuk menjelang deadline, sukses membuat host ikt deg-degan, hehe. Salah satunya adalah rotiboy karya Dwi Hesti, reviewnya berikut yah " agak kesulitan dengan adonan yang lebih lembek/lengket dari adonan roti pada umumnya. Alhamdulillah berhasil, rasanya memang lebih lembut, meski sudah menginap.
Resep KBB memang oyeee !!!
"

Horee,,makasih ya...itu toppingnya menggoda banget deh

25. Mila, bisa diintip karyanya di http://mamamilakitchen.com/


Ibu dari seorang putri cantik bernama Azkia  ini berhasil mengalahkan ketakutan gagal untuk membuat rotiboy ini, katanya "Sebelumnya, ga pernah kepikiran bakal bisa bikin Roti Boy HomeMade. Pertama karena males ngulen, kedua karena liat resep nya aja udah njelimet. Ketiga adalah takut gagal. Pembelaan diri banget kalo memang dasar ga niat aja hahaa...Naahhh baru ada niat bikin, setelah dapet surat tjintah dari mb widya tepatnya 20 hari yang lalu.Langsung deh singsingkan lengan baju, nyiapin bahan, mengumpulkan semangat hehehe ( kalo ga bikin, ga lolos prakualifikasi new member Klub Berani Baking). Di menit menit terakhir, nekat lah bikin dan hasil nya sqngat memuaskan...dapet pujian dari papa dan putri cantikku azkia( doyan banget sama roti O, jadi pas mateng langsung dicomot sama azkia, mah kaya roti O ya, ennak))"

26. Maya Permata (nonblogger)

Berikut cerita seru Maya, "
Assalamualaikum mba,,,Ini adalah tantangan pertama kbb utk saya,tantangan agar bisa di terima jadi anggota kbb..
Pertama dapat surat tjintah mba reni langsung down,,di tantang untuk membuat roti boy dan seumur umur belum pernah bikin roti karna ga kuat ngadon pake tangan..bikin donat aj belum pernah sampe kalis elatis...Tapi karna semangat ingin menjadi anggota kbb mengalahkan ketakutan itu..untuk memulai nya pun harus menguatkan mental tanpa harus berpikir roti boy nya akan gagal..setelah di undur berhari hari akhir nya 2 hari sebelum deadline saya pun memulai membuat nya...Pertama2 membuat adonan tanzhong seperti di resep,,setelah di aduk malah bingung ini adonan di buat sampai seperti apa ya? Krn blum pernah liat penampakan adonan tanzhong,,tp ya udah pede aja sampai seperti foto..
Kemudian di lanjutkan dgn mencampur bahan kering dan adonan tanzhong.margarin dan garam saya masukan terakhir..naaahhh disinilah perjuangan itu dimulai,bagian kalis mengkalis kan...di ulenin,di remas2,di banting2 lebih kurang 1 jam sampai keluar keringat dingin..hehe
Setelah kalis di diamkan dulu 60 menit,alhamdulillah lancar adonan ngembang,kemudian di ulenin lg sebentar n di bagi @55gr.kemudian didiamkan 40 menit dan alhamdulillah adonan ny ngembang lg..sementara itu membuat topping nya tp setelah jadi kok pucat ya warna ny karna yg saya liat di mall tu warna nya agak kuat tapi ya udah di lanjutin aja mungkin setelah melalui proses panggang warna ny lebih kecoklatan..
Setelah di oleskan topping seperti lingkaran obat nyamuk adonan roti pun di panggang..nahh lagi2 bingung  roti matang ny seperti apa,,karna udah 20 menit kayak nya rotiny masih warna putih..takut gosong saya periksa aja bag bawah roti dan sepertiny udh kuning kecoklatan..ya udah saya angkat dgn perasaan harap2 cemas..tapi sayng topping terlalu sedikit saya kasih jadiny tidak menutupi semua permukaan roti..daaann tarrraaa tibalah akhirnya bagian icipp...dan alhamdulillah rotinya empuuukk banget dan enyyaakk...dan hilang lah semua rasa capek..saya bagikan beberapa ke tetanga2 terdekat dan alhamdulillah testi ny memuaskan,,pada bilang enak..dan menyamai rasa roti boy yg di mall.sebagian besar ngorder roti boynya tapi saya belum sanggup bikin klo masih ngulen dengan tangan..Terima kasih ya kbb.." 
Selamat Maya, welcome to KBB, enjoy your baking ya. Hasil akhirnya perfect banget, kamu emang berbakat Maya.

27. Amalia Sekar (Amy) dari http://bakingnfood.wordpress.com/
 
"Baking rotiboy kali ini saya kerjakan bener-bener last minute
menjelang deadline laporan. Maklum ... too much things to do, lupa
tanggal pula. Gubraks.... Ingatnya hari ini masih 29 November,
hihihi.. Mau baking siang ternyata listrik padam. Kejar tayang deh, projectkali ini baru dimulai jam 4 sore dan selesai jam 8 malam. Fiuuuh.....Cuci-cuci peralatan baking sendirian itu sungguh sesuatu .... Namuncapenya terbayarkan dengan kelembutan rotiboy yang kali ini pakai pake tangzhong (water roux) ini. Dengan hasil jadi 14 buah, cukup sekali untuk memuaskan kedua buah hati saya untuk menikmatinya fresh from the oven.
"
Huhuhu..lempar satu aja dong ke host sini.. hehehe..makasih Amy, next time jangan deadline yak. 

28. Dewi Oni, yang mau kenal lebih dekat karyanya silahkan terus ke dewioni.blogspot.com

Rintangan yang datangketika menyiapkan laporan rotiboynya membuat salt yah, tidak menyerah dan hasil bakingnya yang keren pasti membayar semuanya
"Cerita singkat selama mengerjakan tantangan (max 4 kalimat )
Laporannya super mepet.... tapi bersyukur kalo kali ini walaupun perjuangannya segudang dari tangan yang sakit hingga mixer yang nyelip karena habis beres2x rumah..tapi tetap bisa nyetor laporan. Hasil rotinya enak..empuk dan wangi"
Congrats Dewi, salut dengan semangatmu.



29. Paulina Layanti dari paulinscakescookies.wordpress.com
Nah kan, yang suka sks ini nih tersangkanya hehehe. Tapi kadang-kadang kita emang perlu waktu tepat dan mood yang tepat untuk bisa baking syik sehingga hasilnya ciamik
" seru banget, jadi ingat jaman kuliah dulu, SKS, System Kebut Semalem, hehehe...ringkas cerita aja, pertama buat water roux, sempat nanya mbah goggle, ternyata campuran susu & terigu, lalu dimasak sampai agak kental, lalu dimasukkan ke adonan roti, buat topping, melingkar seperti lebah ya, masuk oven 20 menit aja, taraaaa...jadi deh...senangnya rotiku mengembang, fluffy, gurihnya filling butter & topping yg crunchy...kreskres..."
Cakepnya rotiboy-nya..super cakepp

30. Lany Rosdiana ini biasa sharing hasil dapunya di
Sekilas ini review dari Lany " Ini pengalaman pertama membuat roti dengan metode tan zhong, awalnya sempat bingung
karena adonannya sangat lembek sampai-sampai tepungnya aku tambah sedikit. Ternyata setelah diistirahatkan
adonan jadi lebih mudah dibentuk. Dan hasilnya sangat lembut dan wangi aroma butter."
Welldone Lany, rotiboymu sempurna, melambai-lambai minta segera dimakan..hehe

31. Sari Suwesmin, go klik dapurbujangmungil.blogspot.com

Waduhh.. lihat mexican buns seksiehh karya Sari. Berasa mau ngantongin bawa bekal piknik nih ..hihihi
" Rotinya empuk dan lembut banget. Baru kali ini bikin roti pakai metode water roux. Wangi rotinya wangi kopi banget. Tapi pas dibelah rotinya, filling butternya hilang entah kemana hehee...."
Tenang..ndak usah nyari yang hilang ya Sari, yang menul-menul ini aja udah cukup kok..





32. Arilena Dorsman (non blogger)

Laporan terakhir yang masuk dari Arilena Dorsman, eitss dia minta dijewer loh karena masukin laporan ga komplit..
Hehehe..mana mungkin tangan ini tega menjewermu, yang ada host berbinar-binar memandangi rotiboy yang cuakepp kepp kepp..








Wohooo.. demikianlah rangkuman atau round up hasil karya kawan-kawan untuk menjawab tantangan KBB-43 Mexican Buns/ Rotiboy. Semoga menambah pengetahuan dan pengalaman kita apalagi mengenal metode tangzhong ini.
Akhir kata terimakasih untuk partisipasi semangatnya dan laporannya, sampai jumpa di surtjin KBB-44, mohon maaf atas kekurangan dan kesalahan

salam buns
Monica-Reni

No comments:

Post a Comment