Wednesday 2 October 2013

Round up KBB#36 White KBB 6th Birthday Cake


Tantangan KBB#36 ini sangat spesial, kenapa ya? karena sekaligus memperingati 6 tahun keberadaan KBB di jagad per-baking-an. 6 tahun bukanlah waktu yang singkat untuk mempertahankan kebersamaan, saling berbagi cerita, berbagi suka duka dan kesulitan, tips, resep, serta tantangan. Semoga KBB bisa terus ikut memberi warna di dunia perbakingan, ikut membantu semua peminat baking, baik yang masih pemula, masih coba-coba, maupun yang sudah mahir/profesional, dan menambah kecintaan kita akan dunia baking.
Rasa cinta member KBB pada komunitas ini, tertuang di karya-karya berikut dengan tema 'White KBB 6th Birthday Cake'. Tahapan pembuatannya lumayan banyak, dari bagaimana membuat cake-nya, lalu membuat fondant, icing, menghias dan terakhir pastinya memdokumentasikannya dalam rupa foto yang cantik. Yuk simak serunya cerita member KBB menaklukkan tantangan kali ini..

1. Arfi Binsted
Terbayang kalau mendapat hadiah cake secantik ini, siapa yang bisa menolak?

Menurut Arfi, Proses pembuatan cupcake tidak ada kendala, begitu pula dengan proses pembuatan fondant dan royal icing. Sepertinya membuat fondant sendiri dan langsung dipakai itu memperkcil fondant mengeras. Mau tau detil cara pembuatannya? ayo main ke blog ini ya..





2. Kim Kim
Menurut Kim Kim, "tantangan kali ini cukup rumit karena ada beberapa step yang dilakukan, mulai pembuatan modeling fondant, mencetak bunga, membuat kue, membuat ganache, bikin royal icing dan dekor cake. Sesuatu banget kali ini tantangan KBB." Semua dilakukan demi ulang tahun KBB yang ke 6th. Selamat Ulang Tahun KBB yang ke 6 semoga tambah sukses.

Tapi jerih payah Kim kim sepertinya tidak sia-sia, melihat hasil cakenya yang cantik. Cerita lengkapnya ada di sini.


3. Ade Sri
"Happy 6th birthday KBBku tercinta"...ini ucapan selamat Ade untuk KBB disertai mini cake cantik ..eh ada lilin ulang tahunnya. Hmmm mau tau kue ultah KBB buatan Ade, yuk kita lihat di sini





 




Pengakuan Gilby, dia belum berhasil membuat fondant sendiri masih rada mawur katanya. Akhirnya dicampur juga dengan fondant yang siap pakai, tapi tidak mulus menurut Gilby. Hmmmm...ini hasilnya terlihat mulus dan cantik kok. Jadi penasaran, intip yuuk di sini








5. Maya Permadi
Menurut Maya bikin cake itu sussyaah, tangan belepotan dan harus ambil foto, sampai dia lupa ada step yang belum terfoto.

Lhoo, saking susahnya sampai kue buatan Maya berbeda warnanya yaa, hehee. Seperti apa kehebohannya yuk kita lihat Maya bikin kue


6. Dwi Hesti 
Menurut Hesti ; “Ternyata hasilnya cake justru lembut dan tidak terlalu manis”. Walau tadinya sempet panik gara-gara selai apricot masuk ke dalam adonan. Hestipun tidak mengalami kendala dalam proses pembuatan fondantnya. Yuk simak bagaimana Hesti bikin fondantnya.








7. Caroline Atmadja
Olin sedikit kesulitan saat pembuatan fondantnya, karena marshmallow leleh dan icingnya susah tercampur. Tapi akhirnya dia berhasil menaklukan si fondant ini. Dan menurut Caroline rasanya lebih enak dibanding fondat ready made. Hmmm jadi penasaran dengan fondant marshmallow buatan Olin.



8. Moniza Julia
Niza senang sekali bisa mengerjakan tantangan ini. “Cakenya aku suka, beremah tapi empuk, enak dan yang lebih menyenangkan lagi anakku doyan”, demikian penuturan Niza. Cerita lengkapnya silahkan lihat di sini





Renny butuh konsentrasi yang tinggi dan waktu yang agak lama kurang lebih 3 hari untuk mengerjakan tantangan ini. Menurut dia : “Rasanya enak, mirip muffin n anak-anak suka, tapi fondant yang dibuatnya susah payah mereka kurang suka”. hihii jangan berkecil hati Ren yang penting hasilnya cantik. Simak yuk pembuatan fondant dan wedding cake ala Renny


10. Ni Luh Ketut Sukarniasih (Sashy)
Bagi Sashy ini pertama kalinya dia pegang fondant, sebelumnya belum pernah lihat, apalagi dekor cake dengan fondant. Tapi ternyata Sashy sukses lho membuat cake secantik ini. Simak yuk cerita lengkapnya di sini..








11. Rahimah Hidayati 
"Benar-benar menantang", kata Rahimah. "Bahannya pun baru kenal, kalau tidak ada tantangan KBB ini, mungkin tidak pernah membuatnya." Yuk maree simak bagaimana Rahimah menaklukkan tantangan kali ini..cek disini





Mud cake-nya enak menurut Vin, padahal hanya pakai margarine, tapi fondantnya agak bau gelatin, kenapa ya? Baca ceritanya yuk










13. Widya Suci 
Widya sempat kesulitan waktu membentuk cake jadi silinder, karena cake-nya beremah waktu ditrimming. "Karena tidak prepare butter cream utk menambal, permukaan cake tidak mulus saat dilapis fondat. Akal-akalnya....lapis 2x, trus dimulusin dengan 2 bh fondant smooter..ha..ha" Tapi cake-nya cantiikkk ya kan? Ini cara buatnya..








14. Monica Adriana (non blogger)
Ini cerita dari Monica :” Pertama pertama kalinya bikin fondant sendiri.. ga nyangka hasilnya bs bagus meskipun teksturnya nggak sebagus fondant beli. Tapi puas bisa ikut merayakan birthday klub kita tercinta ini. Cakesnya enak tapi sedikit kemanisan padahal sudah dikurangin gulanya.. Semoga ke dpnnya KBB bisa semakin dekat di hati kita semua dan semakin berkembang juga :) Happy Birthday KBB!! “




Kata Bibien "Anakku suka kuenya, mau buat lagi untuk bekal sekolah". Bentuk cake-nya unik, yang penasaran cara Bibien menghiasnya, lihat sini ya









Sekalipun mengaku kalau decorating cake bukanlah passionnya, tapi demi KBB Amy rela bergumul dengan fondant. Dan akhirnya, taraaa, jadilah cake cantik ala Amy.







Bagi Lany, kesulitan terbesar dalam tantangan kali ini adalah proses membuat home made fondant dan melapisi cake dengan fondant dengan rapi. Tapi Lany berhasil membuatnya disini. "Mud cakenya mudah dibuat dan enak sekali rasanya.









18. Ajeng Melani
Kali ini Ajeng menceritakan cara pembuatan fondant ala Ajeng. "Ternyata membuat fondant sendiri tidaklah susah."

"Bersyukur berhasil ketemu dengan gelatin halal walau baunya agak tajam (sepertinya bau tergantung merk gelatin yang dipakai). Base kuenya mudah dibuat dan enak. Happy Birthday KBB."








19. Emma Isti (Non Blogger)
Ini Laporan Emma : Tak terasa, tahun ini KBB ultah yang ke-6. Seperti biasa setiap ultah selalu ada tantangan yang special. Kali ini temanya white wedding cake lebih spesial lagi karena decornya pakai fondant buatan sendiri. Waduh belum pernah bikin wedding cake apalagi pakai fondant buatan sendiri.

Awal baca resep agak bingung, karena cupcake bentuk siinder..ternyata cupcakenya ditumpuk seperti tabung. Bahan dan proses pembuatan cupcake tak ada kendala. Walau agak beremah tapi rasanya enak. Karena pakai coklat lokal yang cenderung lebih manis,jadi gulanya dikurangi.


Fondant, bahannya simple tapi prosesnya tidak sesederhana yang dibayangkan. Ampun bikin fondant ngabisin waktu dan pegel banget, tapi seneng sih hasilnya mirip dengan fondan yang siap pakai (uups muji sendiri).

Karena tidak langsung dipakai, fondant sedikit agak keras dan sulit saat digilas jadi harus ditambahkan sedikit air dan digilas berulang hingga agak lembek sampai mudah digilas. Walau sepintas mirip dan terasa elastis seperti fondant siap pakai, kalau digilas terlalu tebal/tipis fondantnya mudah robek bila dipakai untuk mencover cake yang tinggi. Untuk hiasan yang sederhana sih masih bagus hasilnya. Hasil akhir décor tidak terlalu mulus, selain dari fondantnya, juga tekstur cake yang agak beremah dan banyak buah kering yang timbul membuat hasil cover fondant kurang mulus.  Ini temanya sih white wedding Cake tapi jadi melenceng dari tema,  ceritanya mau bernuansa warna lembut tapi kok di foto hasilnya jadi gonjreng gini...terlalau semangat kali ya kasih warnanya.

Akhirnya selesai juga.  karena KBB nih, baru kali ini bikin rolled fondan sendiri, seru juga sih bikin fondant sendiri, tapi kalau dipakai untuk décor kue yang lebih besar, kayaknya lebih enak pakai fondant jadi sajalah, hemat waktu dan lebih mudah kerjanya.
 
Selamat ulang tahun KBB, semoga dengan aturan yang baru KBB makin lebih mantap dalam dunia perbakingan.
 
Salam
Emma Isti

20. Rossalyn Sandra
Komentar Sandra singkat saja : "Paling seru pas bagian modeling fondant". Hmmm seperti apa serunya, ikuti saja ceritanya disini








21. Paulina Layanti 
Bagi Paulina, ini adalah tantangan pracoba pertamanya untuk menjadi member KBB. Dia sangat bersemangat sekali mempersiapkan semuanya. "Seru banget, pertama kali buat RI langsung saja gatot...hehee untung jadi juga cakenya". walau RI nya gatot..tapi hasil khirnya cantik lho ..yang mau tahu keseruan Paulina, boleh lho mampir ke blognya






22. Nugroho (non blogger)/coffeebreak minie

Menurut Nugroho, proses pembuatan wedding cake ini lumayan berat, lama, dan unik. Tapi akhirnya jadi juga cakenya kan.. 







23. Ditta Murningtyas 
Ini nih cerita Ditta .."selamat ulang tahun KBB sayang, gak tanggung-tanggung tantangannya yaah...huhuhu...bikin fondant sendiri. Emang KBB luar biasa deh...kalo gak buat KBB aku gak mungkin bisa bikin fondant sendiri hehehe..."
Bagi Ditta, pembuatan fondant dan hiasan lancar, hanya sedikit bermasalah saat carving mud cake-nya, karena cake-nya mudah hancur.Tapi hasilnya..wedding cake yang indah.. cari cerita lengkapnya di Blog Ditta ya..



24. Mulianie
Lia bilang "ini tantangan KBB yang luar biasa, 4 in 1, ya bikin kuenya, bikin homemade fondantnya, bikin royal icingnya dan bikin dekornya. HAPPY BIRTHDAY for my KBB. KBB selalu memberi semangat baru untuk baking". Ayo kita lihat semangat lia dalam tantangan kali ini .








25. Angelia Novincy
"Dengan join di KBB selain bisa dapat resep-resep yg ajib dan aj(a)ib, juga bisa dapat ilmu baru", itu kata Angel. Dan ilmu baru untuk tantangan kali ini adalah bagaimana membuat fondant sendiri.  "Yang perlu diperhatikan adalah kue yg yg akan didekor fondant sebaiknya mengurangi takaran gula dalam pembuatan kuenya, karena fondantnya sendiri manis buangettt.." Kita intip angel yang lagi bikin fondant yuks
Komentar mbak R : “White Chocolate Mud Cakenya aku kurangin gulanya hingga hanya 145 gr dan hasilnya sesuai dugaan.... enakkk nggak kemanisaan... selalu cinta dgn tantangan-tantangan KBB dehh !”. Kue-kue buatan Mbak yang satu ini selalu bikin orang berdecak kagum, coba deh lihat wedding cake buatannya untuk tantangan kali ini…ckckckck banget kan? Mau lihat karya lainnya, kunjungi saja blognya






Yang Ijin Tantangan kali ini :

1. Melly
2. Dewi Oni
3. Ike Hermawan
4. Hesti HH
5. Anggraini Citra
6. Dietce
7. Jane
8. Dhiah Nuraini
9. Evi Rokhayati
10. Rizqi Amalia

Selesai sudah round up tantangan KBB#36 White KBB 6th Birthday Cake. Happy Birthday KBB. Tetap semangat baking dan sampai jumpa di tantangan-tantangan KBB berikutnya.


Salam

Duo Host
Niza-Emma

No comments:

Post a Comment