Saturday 1 October 2011

Round-Up KBB#25-Scones





Sepertinya, tantangan KBB kali ini memberi peluang buat sebagian teman2 untuk pamer prop tea setnya yang super duper kereeeeeeeen!! Scones paling enak dinikmati beramai2. Hyuk mariiii bersulang teh susu ala ratu Victoria merayakan ultah KBB yang ke-4. Selamat ulang tahun, KBB dan KBBers! Semoga wadah klub yang kecil ini tetap ramai dan riang gembira bersilaturahmi baik online maupun offline, menjaga persahabatan hingga akhir hayat (pesan bu Admin).


Yuk, kita intip satu per satu perayaan ultah KBB di masing2 dapur member. Dijamin ngiler!





1. Lanny Tgio

Lanny ini rajin banget, seminggu setelah lebaran sudah nyetor. Sampai udah browsing resep2 scones yang akhirnya jadi bingung sendiri saking banyaknya..Dan akhirnya mutusin pake resep yg dr KBB ajah..ternyata hasilnya enaak..lumayan soft cuman emang crumble. Yuk kita liat hasilnya







2. Rachmah Setyawati

Rachmah merayakan HUT KBB yang ke-4 thn dengan blueberry scones dan secangkir capuccinoku ...mantaapp banget dan cocok buat sarapan dan bikin kudapan. Sampai pengen nyoba resep scone yang lain.  Yuk ikut menikmati Blueberry Sconenya mba Rachmah 










3. Dewi Hesti
Menurut Hesti, ternyata bikin scone itu gampang ... bahannya simple dan mudah didapat, cepet buatnya ga repot, hasilnya ok punya, dan gampang di mix max. cocok buat sarapan dan bikin kudapan. jadi pengen nyoba resep scone yang lain .... Kita lihat hasilnya yuk



4. Lina Hidayat
Ternyata Scone ini menjadi favorit ibundanya Lina untuk minum teh di sore hari apalagi buatnya mudah.  Wah ibundanya Lina pasti akan sering rekues bermacam-macam scones nih.  Untuk liat kayak apa sih sconesnya Lina, yuk mampir ke dapurnya 










5. Ade Sri
Pengalaman Ade Sri bikin Strawberry Scones ini, adonannya terlalu lembek dan ngga tau kalo ternyata boleh ditambah tepung supaya jadi lembut dan bisa dibentuk. Alhasil saya scoop saja dan sisanya saya panggang bak muffin hahahaha *gelo*. Hasilnya enak dan lembut







6. Elisabeth Erna
Bikin scones ini gampang banget sampai nyoba berkali-kali. Tapi masih rada bingung, koq rada mirip muffin ya? Hasilnya enak dan lembut lembut















7. Anggun Wahyuniar
Baru pertama kali mendengar roti bernama Scones. Saya pikir ini semacam pretzel, sehingga begitu melihat adonan scones yang jadinya lembek dan lengket, saya tambahi tepung hingga agak kalis. Setelah dibakar, scones saya malah keras dan garing, baru tahu kalau ternyata adonannya memang harus lembek. Belum ada waktu untuk mencoba lagi, mungkin nanti saat saya weekend pulang ke rumah, harus berhasil dong bikin English quick bread


8. Arfi Binsted
Sudah sering bikin scones, jadi ga masalah dalam proses pembuatannya. Saya bikin tiga macam scones: keju untuk anak-anak, plain untuk suami, dan kurma untuk saya. Yummy!!!!









9. Maya Ekatrina
Maya ga tau rasa dan bentuknya scones, akhirnya browsing resep dan gambarnya dan akhirnya nemu resep yang pas menurut maya di myresipi.com. Yuk liat hasilnya




10. Mindy Jordan
Sebelum kelupaan lagi untuk nulis blog seperti KBB 24, kali ini on-time. Luarnya garing dan dalamnya lembut. Walaupun ada coklatnya, dimakan dengan selai cocok juga loh... Kalau liat dari fotonya, menggiurkan banget, liat yuk di dapur Mindy







11. Anggraini Citra Kusuma
Happy Birthday KBB! Ulang tahun ini layak di ayakan sambil ngeriung minum teh sambil ngglanyem Scone. Mari diseruput teh nya dan dicomot scone nya. semoga KBB langgeng jaya abadi









12. Dyas Widya Sari (Non Blogger)
Resep Scones:
Sumber: Edmonds Cookery Book, NZ.
Untuk 12 potong

3 cups tepung terigu

6 sdt baking powder

¼ sdt garam
75g mentega
1 - 11/2 cup susu segar
ekstra susu

( setelah adonan jadi saya bagi dua, yg satu bagian saya kasih alomond cincang sedangkan yg sebagian lagi saya kasih almond cincang n keju parut )
Ayak tepung, baking powder, dan garam ke dalam mangkuk. Masukkan mentega dan remas hingga berbulir2 seperti remah roti. Tambahkan susu dan aduk cepat menggunakan pisau sampai adonan lembut. Gilas beberapa kali. Tabur tepung sedikit ke atas baking tray. Letakkan dan tekan-tekan adonan scones di atas baking tray. Iris 12 potongan yg sama. Sisakan jarak 2cm antara satu scones dengan yang lainnya. Olesi susu segar di atas scones. Panggang dengan oven 220C selama 10 menit atau hinggamatang kecoklatan.
Date Scones
Tambahkan ¾ cup kurma cincang, 1 sdM gula dan ½ sdt bubuk kayu manis ke dalam tepung. Sebelum dipanggang, taburi scones dengan campuran bubuk kayu manis dan gula.
Sultana Scones
Tambahkan ¾ - 1 cup sultanas ke adonan tepung.

Saya buat PR Kbb-25 sengaja buat 1/2 resep yang di berikan soalnya dirumah lagi sedikit personilnya, sya buat sesuai resep "plan" . setelah matang dimakannya aku olesi selai strawberry, coklat olesan Nuttela diatasnya " setengah resep itu setelah jd cuma jd 8 potong . Saya bentuk segi empat dan lingkaran . 
 13. Mira G. Lestari
Ini kelima kalinya bikin Scones. Dan sampai pada kesimpulan kalo Scones yang menggunakan buah-buahan, apakah itu dry atau fresh, adalah scones yang paling enak. Rasa asam manis dari buah mengimbangi kesan scones yang plain, berat dan membosankan. Dan pilihan Glazed Lemon Scones kali ini juara! Glazed nya yang sweet sour dengan scent fresh lemon adalah kunci yang membuat Lemon Scones ini perfect. 







14. Widya Suci
Jika bicara tentang scone, yang teringat adalah Raisin scone yang suka saya comot 1 kalau belanja di Sultan Center. Apalagi kalau kepengen makanan bertepung tapi bosen sama roti atau cake.. Maka jadilah scone ini sebagai pilihan. Sempat penasaran juga, gimana bikin scone ini jadi renyah.. Tilik-ditilik di list ingredient tercantum: tepung, butter, buttermilk, baking powder.. oh itu toh bahannya.. Eh ternyata angan-angan bikin scone tercapai dengan tibanya surat cinta tantangan kali ini... siap laksanakan









15. Hanna Hadiwidjaja



Membuat Scones ini termasuk sangat mudah, karena walaupun termasuk kategori roti, tapi tidak membutuhkan mixer ataupun tenaga yang kuat, dan hasilnya juga empuk...kalau soal rasa, so so lah... Yang jelas kalau bukan karena ikut KBB, belum tentu aku tertarik untuk bikin Scones









16. Angela Mulianie (Lia Angels)
Cerita singkat: Asli..belon pernah denger apalagi makan scones sebelumnya *ketauan banget ndesonya ya :-[  * tapi ternyata bikinnya sangat-sangat gampang dan cepat banget. Bikin 1 resep hanya sekejab aja langsung abis , aq bikin 3 rasa : plain , raisin en cheese. Rugi banget dech yg belon nyobain..yuk buruan dicoba


17. Gilby Arisanti
Scones itu apa yah. Pernah liat di Starbuck tapi ga pernah beli/makan *udik yah* akhirnya browsing di web. Tapi belum ngerti juga, ini sejenis roti or biskuit/cookies yah. Pas buat ternyata mudah dan bahannya semua tersedia di rumah.  Hasil akhirnya aku bilang sih kayak roti yah.  Dan ibuku suka karena tidak manis dan pas dimakan untuk sarapan.  Btw, Selamat ulang taon KBB tercinta semoga makin sukses dan seksi.......Hip...Hip....Horay....... 






18. Perlaminda
Harus ikut step2 nya persis sesuai resep, dijamin jadi walo rasanya gak sesuai selera








19. Ike Kartika Hermawan
Scones??hmmmm enaaakkkk...! cocok banget untuk morning tea, serasa jadi bangsawan Inggris, saat menyantapnya, he he....english tea with scones! perfecto....mari kita berpesta Scones, :D Selamat Ultah ke 4 KBB tercinta 







20. Hesti Arief
Tantangan kali ini aku agak telat buat laporan karena banyak kesibukan di sana sini. But alhamdulillah bisa terselesaikan dengan lancar, walaupun aku nggak yakin sconesku berhasil apa nggak *secara belom pernah cicip sebelumnya* hehe. Aku membuat cheese scones. Walaupun dimakan tanpa pendamping udah enak...aku tetap menikmatinya dengan whip cream dan selai strawberry...enak juga ternyata. ngeju banget... 







21. Dhiah Nuraini (Non Blogger)
Tantangan KBB kali ini adalah SCONES. Hmmm . . . . Ini betul-betul tantangan bagiku.

Aku kenal scones sudah cukup lama. Sebagai pelanggan setia majalah Femina, salah satu bacaan favoritku adalah resep-resepnya, sampai-sampai klipingnya sudah lebih dari 30 buku. Dan resep scones ini sudah ada sejak edisi yang djadoel. Tapi aku tidak pernah tertarik untuk membuat, karena penampilannya tidak cantik dan proses pembuatannya yang relatif sederhana, sehingga kurang menantang bagiku.Sampai kemudian aku berkesempatan mencicipi kue yang namanya scones ini.

Pertama kali aku berkenalan dengan scones adalah ketika dijamu dalam acara High Tea oleh para pengajar di Dept. of Food Technology Curtin University di Perth. Tidak banyak jenis kue yang disajikan, salah satunya adalah scones.

Waktu aku mencicipi scones-nya, wuihh . . . ternyata uenakk! Di balik penampilannya yang sederhana, tersembunyi rasa gurih dan wangi krim yang langsung memenuhi rongga mulut saat dikunyah. Jadi pengen bikin sendiri sambil mengenalkan makanan ini pada suami dan anak-anak.

Tiba di rumah, aku cari resep scones yang ada dan coba membuat. Tapi ternyata hasilnya jauh dari memuaskan. Aku lupa hasilnya seperti apa, tapi yang pasti aku tidak tertarik lagi untuk membuatnya.

Sampai kemudian datang surat cinta dari Ibu host yang berjanggut. Selain masih jenuh baking setelah lebaran, aku juga menunggu cerita sukses dari KBBers lain. Ada yang kurang beruntung, tapi lebih banyak yang berhasil. Yo wis, aku bulatkan tekad, menyiapkan amunisi serta peralatan perang, dan -  majuuu . . . !!!

Kebetulan di kliping resep Femina yang terakhir, ada juga resep scones. Aku mau coba pakai resep ini ah, siapa tahu hasilnya bagus!

Resepnya adalah sebagai berikut (aku bikin setengah resep ya):
100 g mentega dingin, cincang kasar, simpan kembali dalam lemari pendingin (= 50g)
1 butir telur + 1 kuning telur ayam (=1 butir telur)
50 g gula pasir (=25 g)
90 ml susu cair (= 45g)
300 g terigu serba guna (=150g) diayak bersama:
2 sdt baking powder (=1 sdt)

1 sdt garam (= ½ sdt)

Olesan: 1 butir telur dikocok lepas

Pelengkap: selai strawberi siap pakai

Cara membuat:
  • Panaskan oven suhu 220oC. Siapkan loyang datar, semir dengan mentega hingga rata. Sisihkan. 
  • Dalam wadah besar, aduk campuran terigu dengan mentega dengan ujung jari secara merata hingga terbentuk adonan berpasir. Sisihkan.

  • Kocok telur dan gula dengan whisk hingga mengembang. Tuangi susu, aduk rata.

  • Tuang ke dalam campuran tepung dan mentega, aduk rata dengan sendok kayu. Bulatkan.

  • Gilas dan tipiskan di atas permukaan yang sudah ditaburi terigu hingga tebal 1½ cm. Cetak dengan ring cutter 5 cm. Susun di atas loyang, semir permukaannya dengan bahan olesan.

  • Panggang dalam oven panas selama 15-20 menit hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat.

  • Sajikan bersama pelengkap




 Persiapan bahan dan pembuatan adonan aku ikuti sesuai resep (bisa dilihat di Gambar 1). Hanya aku sengaja membuat scones dengan ukuran lebih kecil, diameternya 3 cm. Semuanya jadi 10 buah scones.
Pemanggangan mula-mula aku taruh di rak bawah, setelah 15 menit warna bagian atas kue masih pucat, jadi aku pindah ke atas. Kira-kira 10 menit, warnanya sudah kuning kecoklatan, lalu aku angkat. Hasilnya bisa dilihat pada Gambar 2 bagian atas.

Setelah dicicipi, ternyata hasilnya tidak seperti yang kuharapkan. Rasanya sih enak, gurih dan wangi dari mentega sangat terasa. Tapi teksturnya tidak mengembang, lebih mirip roti bantat. Apalagi setelah dingin kuenya agak turun, dan bagian dalamnya menjadi semakin padat.

Kurang puas dengan resep ini, aku bertekad untuk maju perang lagi, meskipun waktunya sudah semakin mepet. Kali ini aku akan menggunakan resep dari surat cinta ibu Host.

Susah juga mencuri waktu untuk uji coba yang kedua ini. Sejak masuk kantor setelah libur Lebaran, aku harus keluar kota selama 3 minggu berturut-turut. Wah . . . bisa gak tercapai nih target pertempuran!!

Sabtu kemarin aku terbangun sebelum subuh, dan susah tidur lagi. Daripada gulang-guling di tempat tidur, kuputuskan untuk mencoba resep yang kedua sambil menunggu adzan subuh. Saking mepetnya waktu, aku sampai lupa bikin foto persiapan bahan dan adonannya. Oh ya, aku bikin ½ resep juga, dengan pertimbangan yang makan kuenya aku cuma berdua dengan suami.

Hasil adonannya ternyata lebih lembek daripada uji coba yang pertama dulu. Supaya praktis karena sudah hampir subuh, adonan tidak digilas, tapi aku bulatkan dengan tangan. Supaya tidak lengket, tangan aku balur dulu dengan terigu. Adonan dibuat bulat-bulat dengan diameter kira-kira 4 cm. Jadinya 7 buah scones. Setelah itu adonan dipanggang. Kali ini kue langsung aku taruh di rak oven paling atas, sesuai dengan tips yang pernah aku baca waktu browsing resep scones (maaps, lupa sumbernya . . .).
Setelah 20 menit scones-nya sudah berwarna kecoklatan dan terlihat mengembang. Penampilannya bisa dilhat di Gambar 2 sebelah bawah ya . . . .

Hasil uji coba yang kedua ini lebih bagus daripada yang pertama, terutama teksturnya. Kalau rasanya sih mirip.  Tapi aku masih belum puas, karena scones-nya tidak seempuk yang dulu pernah aku cicipi. Uji coba lagi? Mungkin nanti kalau dapat tips yang lebih afdol dari teman-teman.
Jadilah sarapan kami Sabtu kemarin scones dan teh tubruk + gula batu. Biarlah orang Inggris menyajikan scones dengan teh susu, kami menikmatinya dengan penyajian teh kesukaan suami dan sangat Indonesia (Gambar 3). 

Alhamdulillah, laporan ini akhirnya selesai juga. Lega . . . . . .









22. Caroline Atmadja

Akhirnya kesampaian juga bikin scones, rasanya sih enak, empuk-empuk, tapi setelah nya seperti ada rasa pahit, tapi yang penting semua  sukaaaaaaa.........





















23. Amy Riv

Hasil akhir mengembang dengan bagus namun di permukaannya terdapat spot (bintik-bintik) seperti kebanyakan baking powder. Rasanya pun sedikit pahit. Dari diskusi di milis, disimpulkan jumlah n jenis baking powder (BP ataupun BPDA) tidak menimbulkan rasa pahit. Hhhmmm.. penasaran jadinya. Okelah..lain kali harus berhasil aku takhlukkan sang scones ini tanpa rasa pahit.  Ternyata Amy bisa menaklukkan scones. Yuk liat bagaimana cara Amy menaklukan scones

24. Kania Joenoes

Senang banget dengan tantangan kali ini, karena belum pernah membuat scones sama sekali. Ditambah senangnya karena dengan menyelesaikan KBB #25, berarti persyaratan sebagai anggota baru sudah tuntas. Apakah sulit atau gampang membuat scones, sama sekali tidak ada bayangan.Ternyata ya... sangat sangat sangaaat gampang!!!













25. Monica Adriana

Awalnya sempet mikir ga keburu bikin tantangan kali ini, tapi setelah dikerjain nyesel banget mikir begitu. ternyata bikin scones gampang bangettt-ngettt-ngettt.. 





















26. Jane Sipasulta
Tantangan KBB kali ini mengenalkan saya dengan Scones sebagai hidangan utama dalam Devonshire Tea ini..Kalau dilihat dari resepnya yang sederhana, mungkin sebagian besar anggota KBB (termasuk saya..hehehe) akan menyepelekannya...tapi ternyata setelah dipraktekkan langsung, kue ini tidak sesederhana penampilannya... 


Berikut beberapa tips penting yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan Scones:   

1. Adonan scones tidak boleh diaduk/diuleni lama-lama karena akan jadi keras.. 
2. Jangan menambahkan terlalu banyak terigu saat menguleni karena tekstur scones akan jadi kering dan keras.

3. Diperlukan suhu oven yang sangat panas untuk memanggang scones, yaitu kurang lebih 220 derajat celcius. Yuk liat triknya Jane

27. Tyas June

tantangan kali ini kurang semangat nih, meskipun katanya scones termasuk yg gampang dibuat.....walhasil 2x percobaan tetep kurang memuaskan
hasilnya








28. Yuyun Yulianti

kemaren bikin scones ini barengan ama mamajo n mira...latbar ceritanya...terus terang hasilnya saya pribadi kurang suka karna keras, n berasa terigu banget..kayaknya ovennya kepanasan deh...tapi after all penampilannya cantik.......














29.  Sandra Andrisa

Membuat kue ini sangat menyenangkan, terbilang sederhana tapi memang harus ada sedikit perhatian extra. Langsung pengen membuat tea party dirumah rasanya  



30.  Nilam Sari

Sama sekali belum pernah tahu scones itu apa tapi perasaan pernah makan kue ini di suatu acara jamuan makan hehehehehe….dan kue ini enak di nikmati dengan the tarik serta tak lupa mengoleskan strawberryjam yang banyak dan fresh cream….yummy.”  







31. Dita Murningtyas



sumprit baru kali ini bikin yang namanya Scone. Gak kebayang kayak apa penampakannya sampe akhirnya browsing dan liat tampangnya.. ooo itu toh yang namanya Scone. Kalau dari resepnya sih bahannya sederhana, bikinnya juga mudah. Tapi karena PRnya dikasih sebelum lebaran, jadi terlena liburan, maap ya ibu Host. Karena belum pernah buat aku bikin pakai resep asli dari KBB#25, tapi pas ngulenin adonannya kok lengket yaa? Jadi aku tambahin sedikit tepung sampai  dia bisa di giling dan di cetak dengan cookie cutter. Aku bikin yang 1/2 plain dan 1/2 pakai sultana. Karena gak ada whipcream aku makan pakai selai blueberry dan strowberry. Ahhh senangnya akhirnya bisa merayakan ultah KBB dan ngerasain tea party ala keinggrisan

32.  Retno Prihadana

Minum teh sembari menikmati sultana scones.....ternyata nikmaaat :) pantes orang Inggris demen, bikinnya juga nggak ribet.  





























33.  Molly Maulina

akhirnya kembali ke kebiasaan semula ngerjain PR di wiken terakhir. Sebetulnya gampang kok bikin scones ini, gak terlalu banyak step2nya. cuma sayang mungkin karena pakai BPnya yg biasa bukan BPDA..scones yang saya bikin ngembangnya kurang okeh.. plus gak punya creme jg.. jadi agak-agak gak nurut ke petunjuk surtjin "2.    Menyajikan scones sesuai dengan tradisi Inggris, yaitu disajikan bersama clotted cream (dapat diganti dengan thick cream atau whipped cream), selai sesuai selera, dan secangkir teh susu", gpp yaa bu host, bu janggut.. jangan marah kan lagi ulang tahun Happy Bday KBB semoga selalu bermanfaat bagi kita







34.  Dewi Oni

Waduh...sudah 4 thn ya ikut KBB, Puji uhan aku masih bisa commit untuk mengerjakan semua tantangan yang diberikan. Kali ini membuat English Scone, yang benar2x jadi tantangan untuk menghabiskannya karena menurut anak2xku terlalu bau susu..he.he.. mungkin karena penggunaan full butter ya. Tapi kali ini aku merasa puas dengan foto yang aku ambil krn menurut aku, ada banyak kemajuan dibanding dengan foto sebelumnya





35.  Atiek Arief

Baru pertamakali bikin scones, ternyata bikinnya gampang dan cepat ya.. Percobaan pertama aku tambahin kismis di adonan supaya ada rasa manisnya. Karena adonan lengket, untuk membentuknya aku taburi tepung beberapa kali.. Alhasil, kulitnya kelihatannya keras.. tapi ketika dimakan sih empuk.. Disajikan dengan selai strawberry & whipped cream, alhamdulillah menurut suami dan anak2 rasanya enak. Bisa jadi alternatif buat sarapan pagi

36.  Ajeng Melani

Tantangan scones ini udah bikin perasaan ngga enak, hehe, kayanya
susah-susah gampang gitu.
Dua kali nyoba, walau rasanya enak, tapi masih ngga puas sama
teksturnya. Mudah-mudahan nanti ada waktu luang lagi untuk bikin yang
bikin ketagihan







37.  Susi Dwijanti
 Ulang tahun kali ini akan berpesta ala Inggris yaitu dengan pesta minum teh dengan scone buatan sendiri.  Kalo baca acara minum teh, jadi teringat sama buku-bukunya Enid Blyton. Mau lagi piknik naik sepeda, mau sedang liburan di pulau, yang namanya acara minum teh pasti tidak dilewatkan










38.  Susun Dwiana P
Bikinnya mudah, cepet.. Kalau bikin lagi aku pengin tambah gula dan keukeuh pakai kismis....Kata teman kantor enak ( sambil di towelin ke blueberry jam).. 










39.  Ely Yunika Dewi
Cerita singkat selama mengerjakan tantangan: Ngabisin stock kurma sisa ramadhan kemarin, jadi bikin dates scones aja deh, jadinya cakep menul-menul







40.  Vivi Rahayu

Vivi buat sconesnya setengah resep hasilnya mengembang, lembut dan ringan walau tetep ga selembut roti. Ada sensasi crunchy di gigitannya. Karena rasanya tawar agak gurih, jadi menikmatinya harus dengan selai, krim atau madu. Ga sregnya cuman pada pemakaian baking powder yang banyak, diluar itu sih oke sekali karena bikinnya cepat dan bahannya pun mudah.  Ayo kita lihat pembuatannya
















41.  Emma Isti (Non Blogger)
Haiiisss….kali ini beneran ngerjain peer SKS…walaupun  nggak seribet tantangan sebelumnya, ya tetep aja dagdigdug gak karuan.  Scone…dalam  bayanganku akan dibuat  pizza..apa daya begitu liat surtjin, ternyata  untuk yang dilaporkan harus  membuat jenis scone yang manis…scone teman minum teh.
Memanfaatkan  sisa  bahan yang ada ..kacang mete, raisin, apricot dan white chocolate.  Dari resep scone KBB akhirnya dibuat tiga jenis scone yaitu ; apricot white chocolate, raisin n cashew scone, buttery crumble scone., ketiganya masih dikategorikan scone manis.

Sayangnya karena oven kurang panas, pengembangan scones jadi tidak maksimal. Namun  teksturnya  yang renyah diluar dan lembut di dalam tetap ada.  Harumnya aroma butter menggoda tuk dicicipi dan ternyata rasanya  woooww tidak mengecewakan..ada rasa  gurih, manis yang tersamar dan sedikit asam, apalagi dimakan bersama selai dan cream cheese  yang dicampur cream,  hmm lekkerr. 

42.  Siti Rahimah Hidayati
sebenernya dah bikin sejak 2 minggu yang lalu. awalnya bikin yang classic ngikutin resep dari KBB, tapi karena kelamaan nunggu kameranya dateng, akhirnya gak jadi ke foto, pas ada kamera, malah pengen nyobain yang savoury scones, kebetulan nemu resepnya di The Australian  Women's Weekly edisi Breads n Muffin Bikin scones asyik dan simple banget









43.  Inge Desiree 
Tidak banyak gambar yang bisa di ambil untuk tantangan kali ini. Karena adonan scones ternyata cukup lengket sehingga susah pada waktu yang sama memotret dan menguleni adonan ...hehehhe alasan aja yaa..Tapi bener2 beruntung saya bisa menjadi anggota KBB karena kalau nggak saya gak mungkin untuk mencoba buat scones ini. Ini dia hasil uji  cobanya









44.  Tripuana (Ipu)

ooops!! Ipu terlalu banyak masukin susu sehingga membuat adonan sconesnya  tidak bisa dipotong. Daripada dibuang, sendokin ke papercup, jadi cupscones... mmm... menyalahi aturan scone, tapi tetap enak lho dimakan bareng cheese frosting n strawberry jam...  Mau liat kreasi Ipu







45.  Sylvi Soediar
Teksturnya yang mirip muffin cocok banget buat ngeteh sore-sore. Dan semakin bikin saya pengen cepet berangkat ke Inggris buat nyobain the real scones













46.  Rurie Sofyaniek

Resepnya mudah dimengerti oleh Rurie dan gampang banget buatnya. Hasilnya teksturnya empuk dan rasanya enak. Naksir dengan properti yang difotonya, kita terbang ke dapur Rurie





















47. Heramesayu Noviari

Hasilnya ngga mengembang tinggi seperti scones pada umumnya, sepertinya kurang takaran baking powder-nya, tapi rasanya enyaaakkkss link










 48.  Rita Desyanti

Ternyatanya bikinnya gampang banget, bahannya ga susah, dan cocok buat sarapan... Aku ikutin resep tapi susunya hanya 1 1/4 cup.. Adonannya sedikit lembek sih, tapi pas keluar oven, ngembangnya bagus. Rasanya tawar cocok dikasih selai dan teman minum teh..Sayang nih bikin pas tgl 30 malam pulak, ga dapat matahari buat fotonya.....Akhir kata.... happy b.day KBB...wish a happy tea party for all of us....

49.  Lany Rosdiana
Biarpun hanya terdiri dari beberapa macam bahan dan cara pembuatannya simpel, scones ini rasanya benar-benar enak dan gurih. Definitely a must try! link








50.  Susi Widhiyani
Sudah 2 kali absen...kali ini untung masih bisa bikin disaat hati harap2 cemas karena ada rencana mau pindahan jauh. Tantangan KBB#25 Scones....syukurlah bahannya gak banyak. Pas dibaca-baca ternyata boleh menggunakan resep lain... tadinya sih mau bikin yang menggunakan bahan kurma atau sultana karena di rumah lagi banyak tapi pas liat resep dari buku lain menggunakan keju kok jadi kepengen ganti. Jadi ya sudah lah sekalian mau ngetest resep dari buku baru ....berharap enak, kalau enak berarti bukunya bagus he he he.....







51.  Ratih Chandra
Cara pembuatannya mudah dan cepat sekali, cocok banget buat breakfast ato ngeteh sore dan dimakan hangat2. Awalnya agak khawatir dengan penggunaan baking powder yang banyak. Ternyata tidak terdeteksi rasa pahit dihasil akhir kuenya. Hanya saja kenapa rasanya agak asin yaa? Apakah pengaruh dari pemakaian self-raising powder? Kapan2 buat pakai tepung biasa deh.Teksturnya sih sudah sesuai dengan yang dideskripsikan host -  ringan, dan juga kering, enak deh...
Trus… sehubungan dengan keadaan yang tidak memungkinkan keluar rumah, jadilah pembuatan clotted cream dengan memakai bahan yang ada dirumah saja, 200 gram whipped cream yang sudah dikocok, dicampur cream cheese dadakan yang aku buat dari 150 gram cheddar cheese parut dan 50 ml susu UHT di tim.. ternyata enak juga loh.  Anak2 suka dengan scones yang dibubuhi dengan clotted cream dan strawberry jam. Kalo Papanya komentarnya lain lagi, hehehe ini perangkat nge-teh komplit banget diatas meja... trus nyomot scones dan nyelupin ke kopi susu, katanya mantabs karena sconesnya langsung menyerap cairan kopi susunya… hehehe.  
52.  Dian Price
Tadinya Dian ijin untuk ga ikut tantangan KBB ini, tetapi karena waktunya bisa dikejar sebelum deadline, akhirnya dengan semangat membuat Scones.  Ternyata kata Dian Scones ini buatnya gampang en cepat pulak. Rasanya enak dan empuk. Kali ini, scones-nya aku buat tanpa tambahan pemanis apapun. Ngga...ngga pakai coklat chips. Ngga pakai blueberry juga. Pokoknya plain. Niatnya mau dimakan dengan olesan selai Marmalade dan ditemani dengan secangkir white tea atau teh susu. Oh yum!! Yuk kita intip di dapurnya Dian











53.  Kartika Binakasih
Bikinnya cukup gampang dan cepat, tapiiii kurang tebal karena baru liat di web tentang scone setelah kuehnya jadi.  Yuk meluncur ke dapir Mba Kartika




54.  Rinalda Hamida
resepnya 100% ikut KBB . tapi di tangan Rin, rasanya kok jd aneh ya? asing. Tadinya biar tidak terlalu "Plain", maunya dibikin Date Scones, atau adonannya dikasih chocochip.. eh.. semuanya malah kelupaan dimasukin, padahal bahannya udah siap. Ingetnya ketika baca postingan dari teman-teman, sayangnya oven udah kriiing



  55.  Shirley Theresia
Meskipun baking powder yang digunakan cukup banyak (6 sendok teh!) dan tanpa gula secuil pun hasilnya ternyata tidak pahit. Karena kebanyakan cairan, adonan scone tidak bisa dipulung. Masih pake acara mengoven salah pula. Untunglah ternyata hasilnya akhirnya tetap ok.








 56.  Diah Arianti

Diah paling malas kalo disuguhin Scones karena males makannya, eh ga taunya dapat tantangan untuk membuat Scones.  Akhirnya dengan niat yang gigih, Diah bikin si Scones ini di tengah-tengah 3 kota *dimana ya* Penasaran, silahkan intip disini

 



57.   Sherry Andriani

Terbirit birit ngerjain laporan di last minute, disebabkan anak yang sakit sakitan dua minggu ini. Bikin scones ikutin resep di surcin, dan hanya dikurangi 1 sdt baking powdernya. Clotted cream pun nyoba bikin sendiri dari heavy crem yg diendapkan dan dipanaskan pada suhu rendah lalu didinginkan di kulkas :D Penasaran..... Aneka sandwich, donat dan bola coklat bikin sendiri, yang lainnya beli di bakery demi menyukseskan popotoan ala high tea. Baca di google tentang etiket high tea/afternoon tea katanya scones di tier pertama, savoury tier kedua dan yg manis2 di tier terbawah. Hehehe..Kerajinan yakk... Senapsaran bagaimana hasilnya, liat disini







58.  Swi


Namanya asing tapi keren menakutkan... tapi ternyata bikinnya gampang dan cepat.. rasanya juga enak, bikin ketagihan...pasti jadi resep favorit deh... thanks KBB... Yuk melongok ke dapurnya Swi.










59.  Dita Wistarini
Buat Scones cepet dan Dita prefer pake campuran buah-buahan. Sedap banget dicolek ke krim dan selai..yuumm.... Mau liat fotonya










60.  Novi Saluntara

Diantara kesibukan sebagai bakul kue pemula serta kesibukan pekerjaan yang mengharuskan ke luar kota, alhamdulilah, saya bisa membuat PR KBB ini dengan lancar. Mudah2an ibu host berbaik hati menerima laporan saya ini, berhubung PRnya disetor terlambat dari jadwal yang diharuskan




61. Ezy Fauziah
Ezy bikin dua kali dengan percobaan pertama pakai microwave, dan yang kedua kali baru pakai oven. Hmm... gimana petualangan Ezy kali ini ya? Berhasilkah bikin scones pakai microwave? Penasaran? Ayo simak sama-sama di sini.






62. Sofie Minawati

Menurut Sofie sih scones ga butuh waktu banyak, tapi kok ya tetep menerapkan SKS. Tapi scones ternyata enak juga. Mau intip dapur Sofie? Hyuk mariii...










63. Yunita
Tugas KBB sempat terbengkalai karena masalah air di rumah, tapi sempat loh dikirimkan ke host meskipun the last minute! Tier cake-nya cantik! Intip yuk dapurnya Yunita.



 





Yang Ijin :
1. Rahmasari Ranti
2. Piska Aprilia
3. Gusni Ayu 
4. Ema Yudistira
5. Cici Ramadani
6. Vin Wong 


Terima kasih dan selamat ketemu lagi di tantangan berikutnya!
Wassalam!


1 comment:

  1. Happy birthday Kbb!! maap untuk pertama kalinya aku ijin... Tapi janji tetap akan coba buat miss scone ini...*peluk erat.... :)

    ReplyDelete