Thursday 2 December 2010

Round up KBB#20: Biskuit Tradisional - Kue Bangket

Tantangan ke-20 ini sangat istimewa karena tidak hanya teman-teman di KBB yang melakukannya, nah teman-teman di NCC juga membuatnya di saat yang bersamaan.
Kue Bangket, Rentak atau semprit ini ternyata banyak yang tahu namanya dalam versi yang berbeda-beda dan rasa yang juga beragam, mulai dari susu, kacang, pandan sampai durian. Dan seperti biasa dari tangan teman-teman terlahirlah inovasi kue bangket yang siap mendunia.. Ga nanggung-nanggung kali ini 70 member sukses menaklukan kue bangket.. plok plok.. plok.. buat semua!!!
Selamat membaca dan mencoba :)

Cheers,
Amy - Pipit
-----------------------

1. Monica Adriana Walau katanya baru pertama bikin kue bangket, tetapi Monica tetap semangat membuat tantangan kali ini dan yang pertama menyetor (terima kasih ya..). Menurutnya, pembuatan kue ini cukup seru juga, dibuatnya simple dan nggak terlalu repot. Apalagi sensasi melt di mulut-nya itu loh, 'cesss..' enak banget!

2. Gilby Arisanti  Karena suami yang tidak suka susu, Gilby membuat kue bangket yang lain daripada yang lain yaitu bangket blueberry... dengan keunikan kue bangket yang lumer di lidah.. sensasi blueberry menambah keunikan tersebut. Bangket susu + blueberry, Judulnya tradisional bertemu masa kini hmmm yummmm... Biar ga penasaran silahkan mencoba di sini.
3. Maya Ekatrina  Seneng banget bisa bikin kue yang amat sangat "familiar" dengan lidah kita :) Yuk, kita lihat mba Maya membuat kue bangket sambil bernostalgia.


4. Ade Sri Purwaningsih  Baru kali ini Ade bener-bener dikerjain sama adonan. Dicetak salah, dibulatkan juga susah. Adalah Bangket Kacang yang seolah "hidup segan, mati tak mau" itu. *Deuh, lebay!* hahahaha.... Yuk ikuti kisruh dan perjuangan Ade dalam membuat Bangket kacangnya.



5. Arfi Binsted   Kata Arfi, "Bangket kacang ini favourite buat beliau, juga buat anak2. "Mereka rivalku!! Enak, crumbly, as bangket as it should be. Ngacang banget deh rasanya. Aku pake tepung gluten-free, jadi lebih fragile biskuitnya. Bikin merem melek!" *Colek bangketnya yuk.




6. Caroline Atmadja (Lina) Another ide orisinil dalam pembuatan kue bangket ini. Lina mencoba menambahkan serbuk bubuk bandrek. Walau katanya lupa menghaluskan gulanya hingga terasa banget gulanya, tapi idenya dapet acungan jempol. Voila, kue bangket susu bandrek dinikmati dengan minum teh hangat, mantaps..
7. Piska Aprilia Sempet mati lampu beberapa kali pas loyang pertama udah masuk ke oven, tapi untungnya nyala, cuma kue bangket pertama gosong dengan suksesnya haha.. Tidak butuh waktu lama agar loyang kedua + ketiga sukses dengan cantiknya..di kasih topping melted cokelat dan separo dikasi almond. Yuk liat kue bangket cantiknya Piska :)

8. Amy Riv  Pilah-pilih resep dari berbagai sumber, akhirnya Amy jatuh cinta pada Kue Jahe Manisnya Majalah Sedap jadul.  Harumnya jahe n kayu manis serta  rasa manis n pedasnya pun pas berpadan dengan teksture kue bangket jahe kayu manis yang lumer di mulut ini. Simak bagaimana Amy memadukan antara jahe, gula merah, n kayu manis dalam satu kue bangket, di sini.

9. Fransisca Santosa (Sisca)  Sisca belum pernah makan kue bangket ini.. jadi penasaran judulnya. Waktu membuat agak-agak bingung karena adonan tidak menggumpal (kue ini memang unik kan) dan kesulitan untuk mencetak. Namun tidak patah arang, karena akhirnya Sisca berhasil membuat kue bangket susu ini



10. Jane Sipasulta Setelah sebelumnya bikin kue bangket susu coklat untuk NCC Week, kali ini aku bikin Kue Bangket Susu Kacang Mede.. Resep aslinya tetap resep Bangket Susu tapi dimodifikasi dengan penambahan Kacang Mede.. Coba yuk resep modifikasi ala Jane

11. Dwi Hesti Cita-cita Hesti mau bikin kue rentak-nya mbak Arfi atau kue bangket jahe, tapi kok ya waktunya serasa nggak cukup, karena adonan mesti diinapkan dan mesti bikin blondo dulu, takut ga kepegang, apalagi mesti foto step by stepnya. Akhirnya cari resep yang simpel tapi dengan sentuhan rempah, biar terkesan tradisional. Lihat bagaimana Hesti berusaha menaklukkan kue ini.


12. Kirana Jaya (Ajeng) Kesabaran dan ketelatenan memang diperlukan untuk membuat kue bangket, kata Ajeng. Namun tidak gentar, dan Ajeng memilih cetakan berbentuk burung nan artistik agar beda dengan yang lain. Seperti apa siy, langsung main aja ke dapurnya Ajeng.

13. Nilam Sari (Sari) Katanya ini pertama kalinya bikin kue yang sukses bikin alat perang Nilam rusak qiqiqiqiqiqi...tapi cukup memuaskan dan mengobati rasa penasaran akan kue bangket yang sangat unik. Duh diapain tuh alat perangnya bisa sampai rusak?


14. Hanna Dibuat tanpa mengerti seperti apa rasa dan bentuk kue Bangkit, jadi murni niru resep. Setelah 1 batch matang, baru 'ngeh..dan berani berimprovisasi. Ternyata asyik banget bikin kue tradisional ini, yang kalau di daerah Hanna disebutnya kue Semprit

15. Dita Dee belum pernah dengar ataupun mencoba kue ini. Tapi ternyata suaminya yang asli lampung malah lebih paham tentang kue ini, bahkan sampai dicarikan resep oleh ibunya. Kue Bangket juga dikenal dengan kue babon. Tapi pilihan resep siapakah yang akhirnya dipilih Dita, yuk kita tengok.
16. Mulianie (Lia)  Mau bikin, kudu ngitung kancing dulu, setengah... satu.... setengah.....satu... Maunya bikin cuman 1/2 resep doang tapi Jane bilang rugii soalnya pasti cepet abis. Akhirnya membulatkan tekad , semangat dan daya juang. Simak deh akhir perjuangan lia disini



17. Shirley Theresia Setelah dibikin penasaran oleh berbagai resep bangket yang berseliweran, akhirnya Shirley memutuskan untuk mencoba resep bangket imlek. Proses baking berjalan lancar, tidak ada hambatan keprul saat mencetak seperti yang dilaporkan beberapa teman -- selain cuil-cuil sedikit yang tidak terlalu mengkuatirkan. Setelah jadi dan dicoba, kok kurang lumer ya, harus digoyang-goyang dengan lidah dulu baru hancur. Simak bagaimana hebohnya Shirley bereksperimen dengan ide yang unik ini.

18. Dewi Oni Sebenarnya resep kue Bangket ini resep yang sudah lama sekali didapat Dewi Oni dari saudaranya. Tapi dari dapet cuma disalin aja di buku catatan resep, akhirnya sekarang dapat kesempatan untuk mencobanya.... Proses pembuatannya sangat mudah... tapi proses mencetak adonan ini sangat tricky. Tengok bagaimana Dewi Oni berhasil mendapatkan feeling si bangket ini di sini.

19. Melly Deg2an bener ngadepin tes pertama bangket ini, soalnya ga familiar buat tapi familiar makaaannn Hahahahaha... Kirain di rumah bakal anteng aja tuh bangket di kulkas, ternyata ludessss...... Ayo bangkitkan Bangket si kue tradisional ini katanya.

20. Dita W. Ichwandardi Pertama bikin bangket kacang mede lah kok udah 1 jam lebih gak kering2. Kasak kusuk di twitter, Elsye, Arfi dan Riana nyaranin tambahin tepung. Ternyata oh ternyata kebanyakan minyak, jadi kurang tepung, makanya gak bisa kering. Tekstur kue-nya rapuh dan ambyar. Tapi berhasil juga bangketnya, cantik pula.

21. Heramesayu Noviari (Ayu)  pilih bikin bangket kacang karena bahan-bahannya tersedia di rumah. Cuman pake 100 gr kacang tanah, bahan lainnya disesuaikan dengan jumlah kacang tanahnya. Rasanya enaaak kayak peanut butter cookies, bikinnya mudah tinggal campur-campur. Tengoklah bangketnya yang katanya lenyapnya juga cepeeet :D
22. Hesti Haya Hakim memodifikasi resep 'Bangket Penang'. Hesti menambahkan coklat dan kacang mede ke dalam adonannya. Hasilnya yaaaa nyoklat n' ngemede abiiis...hehehe istilah apa itu... Karena menggunakan coklat resep gulanya ditambahkan dikit karena takut kurang manis...dan ternyata hasilnya...? Penasaran..? Simak hasilnya di sini yaaa.....

23. Gusni Ayu (Pipit) Kue ini memiliki rasa sangat tradisional mungkin efek dari nama dan bahan sagunya kali ya, yang pasti bahannya sangat mudah dicari, membuatnya pun ga sulit hanya butuh keteguhan hati hihihii.... percobaan pertama keras karena kelamaan dibakar, percobaan kedua Alhamdulillah sukses. Simak bagaimana Pipit masih bersemangat mencoba bangket-bangket yang lain... yukk!

24. Feebe Liana  Awalnya Feebe masih bertanya-tanya seperti apa sih kue bangket itu, kok ramai sekali di bahas di milis ini. Dia sampe bela-belain cari kue bangket di supermarket deket rumah, di supermarket ke tiga baru ketemu sama si Bangket ini. Mulai deh kenalan sama bangket, waktu itu bangket jahe nemunya dan langsung doyaan. Apa yang Feebe pilih dalam mencoba bangket kali ini? Intip yuk.



25. Rieska Sonda  gak nemuin kesulitan pas ngerjain tantangan ini kecuali cape berdiri dan jempol pada nyutt-nyutan pas nyetaknya. Berikut kisahnya menakhlukkan si manja bangket.



26. Lina Hidayat Komentar yang ringkas dan simpel: "Mudah dibuat dan enaaaak rasanya, anak-anak juga suka, tapi yang ketan hitam :). Simak yuk Lina terjun ke dapurnya dan menghasilkan bangket ketan item nan cantik



27. Anggraini Citra Kusuma  Bangket bagi Citra begitu fenomenal, 'merebut' nyaris seluruh waktunya sejak sebelum Lebaran. Perhatian Citra tersedot ke sana. Apalagi, pernah tinggal di kampung mertua membuatnya mengingat betapa eksotisnya Bangket ini pernah menemaninya di sepanjang jalan di atas gerbong penuh sesak manusia. Simak ceritanya berpenuh peluh, sambil memeluk satu kaleng penuh Kue Bangket n tak ada yang bisa menyangkal bahwa Bangket ini begitu istimewa buatnya.

28. Retno G. Prihadana memilih membuat bangket kacang saja...katanya yang gampang cari bahannya :), rasanya juga enak. Mau ikutan coba di sini. ya




29. Susi Widhiyani (Uchiet) bela-belain bawa tepung sagunya dari Jakarta ke Singapura pas kemarin pulang mudik. Berhubung ketika baca resep pemakaiannya cukup banyak jadi dia campur setengahnya dengan sagu dari Singapura dan alhasil keliatan yang dari Jakarta lebih putih dari yang dari Singapura, selain itu teksturnya juga berbeda sedikit sptnya lebih kesat ... tapi bisalah diabaikan. wah ini namanya bangket susu ala Singapura dong.. nyamm

30. Elsye Suranto  pernah mencoba satu resep bangket kacang yang lumer di mulut, tapi kali ini secara kebetulan ketika jjs di salah satu supermarket besar, ada terselip satu tumpuk kertas resep Bangket Ketan Item di sudut rak mentega. Ini sih namanya pucuk di cinta ulam tiba :), Elsye memang lagi mencari resep bangket yang sedikit berbeda.



31. Sylvie Soediar bikinnya cepet-cepet, kebetulan sibuk mau mudik. Mana pas lagi gak enak badan darah rendah kambuh campur flu. Alhamdulillah jadi juga bikin bangketnya. Bikin setengah resep ajah, takut gak habis. Ternyata setengah resep jadi banyak juga. Dan rasanya emang enak bangettttt….renyah en kerasa jahenya. Simak bagaimana Sylvie yang sedang gak enak badan bisa menghasilkan bangket yang enak.


32. Mindy Jordan  Sempet minta ijin untuk ga ikutan PR karena pindahan dan dapur belum terisi dengan baik dan benar sesuai ejaan yang disempurnakan. Tapi untungnya kompor/oven baru terbeli dan terpasang tepat waktu, jadilah Mindy bisa ikut PR Kue Bangket. Waktu pembuatan ga masalah hanya sempet kaget waktu adonan mawur. Tambahin minyak, ulenin lagi, jadi dweh.. Hasil akhirnya pun memuaskan di hati. Suami suka banget bangket kacangnya.

33. Ezy Fauziah   Awal bikin siy baik - baik aja, tapi pas smua bahan udah kecampur mulai agak bingung. Di resep kan ditulis, terakhirnya... "gilas adonan". Nah adonan agak cair, ummm... gak cair juga sih., kental tepatnya. Tapi sepertinya gak bisa digilas. Bagaimana ceritanya hingga Ezy berhasil memodifikasi bentuk bangketnya? Tengok yuk...!



34. Vivi Rahayu  Menurut Vivi rasa kue bangket sih udah tidak diragukan lagi secara yang udah nyoba komentarnya kurleb "enak, harum, dan lumer di mulut," cuman emang butuh kesabaran untuk mencetaknya. Amati bagaimana Vivi membutuhkan waktu satu jam untuk mencetak bangket susunya.





35. Ema Yudistira Sebelumnya Ema tidak suka dengan kue bangket ini, tapi setelah berdiskusi dgn ibunya lalu mencoba membuat sendiri, akhirnya Ema bisa bilang sangat menyukai terutama untuk rasa jahe dan rempah yg kuat. lihat yuk hasil modifikasi Ema.

36. Pearl Minda Meski hasil baking kuenya melebar dengan sangat suksesnya dan gak ngerti salahnya dimana, tapi hasil bakingan tetap berasa enak karena pake coklat bubuk dan ngeprulnya juga dapet. Penasaran dengan cerita Minda yang katanya bentuk dari cookie cutternya gak kentara lagi..? Tengoklah langsung ke dapurnya.

37. Rachmah Setyawati Menurut Rachmah, kue Bangket khas Indonesia ini memang sudah waktunya diangkat kembali. Rasanya nggak kalah dengan kukis-kuis buatan negara luar. Rugi banget kalo kita tak pernah mencobanya. Lihat saja bagaimana Rachmah mencoba menghasilkan kue bangkitnya yang cantik.


38. Mira G. Lestari Bangketnya enyaak.. Nyess dan lumer di mulut. Mira paling doyan yang rasa melon. Tapi sayang kok pastanya gak mau nyampur sempurna ya. Penasaran kan dengan hasil baking Mira? Lihat langsung di sini ya.



39. Sofie Minawati Dua kali nyoba resep yang berbeda, dua kali pula Sofie gagal katanya. Bete bener deh, tadinya udah kebayang pengen nyicipin kue rintak bikinan sendiri, ternyata masih jauh bener sama aslinya heheheh... Meski begitu Sofie tatap semangat lhooo...., tengok aja langsung ke dapurnya.



40. Mama Jo Aaaaaah, sejuta memori Mama Jo kalo ngomongin kue Bangket. Sebagai orang yang lahir di Riau, kue Bangket ini tentu sudah tidak asing lagi. Kue ini selalu muncul saat Tahun Baru China di keluargaku. Hanya setahun sekali, karenanya, Jo selalu menganggap kue ini istimewa. Simak cerita Jo mendapatkan kue bangket dengan wangi santan samar dan tekstur yang sangat crunchy.
41. Swi Rasa bangket memang uuuenak, mirip ama kue semprit kampung... Swi jadi kangen pulkam.. :) Baca cerita Swi yang sampe nangis-nangis waktu nyetak bangketnya... wkwkwkkw...



42. Sandra Kebetulan Sandra cuma gagal sekali pas buat kue bangket ini. Sandra yang awalnya deg degan terima tantangan malah jadi nostalgia sama kampung halaman :). Baca kisahnya di sini
43. Rurie Sofyaniek Meski belum pernah mendengar tentang kue bangkit ini sebelumnya, namun Rurie sukses lho memamerkan kue asli Indonesia ini ke teman-temannya di Holland. Kita intip dapurnya saja ya.





44. Sherry Andriani memakai resep hasil todongan dari tetangga sebelah rumah almarhum kakek, yaitu seorang nenek asli Betawi di Otista yang rajin buat bangket tiap ada acara acara. Pas diminta resepnya.. disangkanya si cucu mau mulai jualan kue bangket..:p
45. Rita Desyanti mencoba berbagai jenis cetakan. Pake cetakan kue satu, cetakan mawar coklat... huhu ga sukses. Akhirnya sisa adonan dicetak pake cetakan coklat yang jumlahnya banyak, satu kali nyetak, jadi seloyang. Yipiiee... ga pake lama deh.. Lihatlah sepak terjang Rita.


46. Yunita Amalia Sebenernya Yunita sama sekali belum pernah melihat atau merasakan kue ini. Punya gambaranpun gak. Tapi setelah dibikin...ooooo ini tho yg namanya kue bangket. Jadi tau deh:) hehehe...
47. Modesta Pritta Ini pertama kalinya Modesta ikut tantangan KBB, jujur aja pas terima dan baca email dari host KBB tentang kue yang harus dibuat, ia deg degan banget....takut aja kalo hasil akhir ga sesuai dengan harapan. Tapi karena disemangati hubby......yah jadi muncul lagilah semangatnya. Bagaimana semangatnya Modesta? Lihat yuk di sini.
48. Lanny bikinnya gampang, cuman kl bikin banyak jempol bisa segede gajah nih kynya.. berikut hasil karya jempolnya Lanny

49. Nina ternyataaa butuh ketelatenan ekstra bikin kue bangket ini. bikin di 3 cetakan, pas diketok2 ke loyang yang sukses cuman 1 aja..  akhirnya separo adonan dituang ke loyang brownies langsung dipanggang. makannya disendokin.. hihihihihi Penasaran kan?



50. Anindita (nonon) Mau nangis nyetak bangket karena belum bisa hiks hiks... begitu nyoba, langsung kegilaan karena ennaaakkkk.. nikmeh. Ikutan Nonon yuk menikmati bangketnya.
51. Meitri Wilda belum pernah ngerasain kue bangket tuh seperti apa, tapi kalau kue bangket tu sama seperti kue rinta sagu (rentak sagu) - sering dibikin orang - orang di kampungnya di Bangka menjelang lebaran - berarti Meitri udah pernah makan kue bangket. Maka temukanlah perjuangan Meitri membuat bangketnya.
52. Yuyun Yulianti Untuk KBB #20 ini Yuyun bikin bangket susu resep mbak nadrah.. kue ini lumayan udah sering dibuat secara kuenya enak banget..lumer di mulut, anak2 pada suka...jadi  soal kesulitan sih sepertinya Alhamdulilah ga ada.. aman aman saja....

53. Tyas June ngerjain resep tantangan ke dua yaitu Bangket Kacang.  Hasilnya lumayanlah krn dalam waktu cepat itu kue udah abis aja.  Padahal kurang yakin juga kalo Bangket Kacang ini hasil akhirnya apakah seperti yg Tyas buat atau gimana....tapi kalo habis artinya itu kue layak dikonsumsi..seperti apa hasil akhirnya, ada disini
54. Susi langsung deg-degan waktu membaca surcin karena belum pernah bikin kue bangket, jadi langsung pede aja bikin bangket dengan sedikit modifikasi jahe dan wijen. Simak deh resepnya di sini.


55. Ely Dewi  Meskipun hasil akhir bangketnya keras .... mungkin karena kelamaan manggangnya...hiks... namun lihat semangat Ely di sini.




56. Yuli Berliantin Telah mencoba bangket susu dan bangket kacang sebelumnya, tapi belum puas. Dengan berbekal resep mama tercinta, maka last minute sebelum masa akhir menyetor laporan Yuli mencoba untuk membuat bangket kacang, dengan memodifikasi sesuai selera Yuli. 

57. Tripuana Rufiokliany (Ipu) Bangket yang Ipu bikin, ambil resep Bangket Susu Mbak Nadrah Shahab, hanya ditambah pasta strawberry di susu kental manisnya. Kendalanya waktu bikin ini, nyetaknya capek, karena rapuh sekali. Pasta strawberry meskipun sudah diadukkan ke skm, hasilnya sulit rata di adonan, kuwehnya jadi bintik-bintik…gpp lah, kekeke, kalo rasanya, ketika masuk mulut langsung melted gitu. Lihat langsung yuk.



58. Molly Maulina  Bikinnya biasaaa.. last minute. Niat awal pengen bikin bangket jahe, udh koleksi2 resep hasil browsing nih.. tp jadinya pake resep bangket susu dari surcin aja. bikin cukup 1/5 resep (males ngoven lama2 ovennya kecil sih .. ). gak punya pandan ternyata di rumah. jadi pandan diganti dg kayu manis. harumnya asyik deh. walau pas di cetak ancur2an klo rasa sih TOP... lumeeeerr di mulut. Bagaimana sih rasanya? Cicipin saja deh di sini.

59. Diah Arianti Ngerjain tantangan ini smangaaad banget, walaupun laporannya terakhir... nggak nyesel, bikin dua resep nggak ada yang gagal dan semua sukaa... lumer di mulut itu lho yang paling berkesan... mau ikut ngerasain yang lumer di mulut? Simak yuk di sini



60. Rinalda Hamida Sejak surat cinta beredar, Rin sudah memantapkan hati untuk memilih BANGKET KACANG sebagai resep untuk memenuhi syarat kelulusan calon Anggota :) Selain karena cara bikinnya kayaknya gampang, Kacang juga merupakan makanan favorit untukku dan aLbiy, diolah menjadi apapun, kacang selalu menggoda untuk dicicipi dan dihabiskan!

61. Yuliati Endah/Atiek Untuk tantangan ini Atiek coba bikin kue bangket yang resepnya paling simple dan bahannya mudah didapat, yaitu Banget Susu. Hanya dimodifikasi sedikit dengan menambahkan keju parmesan, jadilah Bangket Susu Keju. Hasilnya.. hmm... bangket rasa susu keju yang enak dan lumer di mulut..




62. Lukie Awalnya, to be honest, Lukie gak tertarik bikin tantangan kali ini. Padahal kue Bangket ini berasal dari Riau, di mana Lukie tinggal sekarang. Baru sekali Lukie merasakan kue bangket selama kurleb 12 th tinggal di Riau. Dan tak suka! Keras bo'!! Dan baru sekali pula Lukie menjadikan Kue Bangket sebagai buah tangan jika mudik kampung halaman di Jawa Timur. Lukie menemukan satu alasan yang cukup kuat untuk menggerakkan langkahnya mencoba membuat kue Bangkit cfgf. No gluten and No casein... karena mestinya penganan tradisional tidak mengenal terigu pun juga butter ataupun margarine :) Mau tahu ujung kelananya? Cek sitenya ya.

63. Lany Rosdiana Berhubung buru-buru karena sorenya harus ke bandara, Lany bikinnya cuma 1/6 resep aja biar cepet. Jadinya 1 wadah tupperware 500 gr lebih dikit. Pilihannya adalah Bangket kacang, bahannya sederhana dan bikinnya gampang banget... Tapi hasilnya uenaak! Kacangnya berasa banget dan teksturnya lumer di mulut. Lany seneng bisa bikin sendiri sekarang...


64. Artalina Harjono Bangket Susu ini rasanya enak dan mantap, tapiii punya Artalina kurang mateng manggangnya jadi gak cantik aja warnanya... Wah... padahal cantik gitu kok. Lihat aja deh di sini langsung.



65. Dian Price Alhamdulillah Dian berhasil juga menyelesaikan PR-nya KBB walaupun sambil bersin2 en ngucek2 ngucek mata yang guateel, hiks! Resepnya diambil dari milis NCC, tapi dimodifikasi sedikit. Dibuat setengah resep en gula palemnya Dian ganti dengan gula merah. Soal rasa? Udah pasti yummy dwooonk :)



66. Kartika nyobain yang pakek duren asli lohh.. Cuma masih belum perfecto katanya .. karena bikinnya diganggu si kecil… :o). Simak ceritanya.


67. Yetti Enita/Eny Lampung Baru kali ini Eny makan kue bangket, ...ternyata, begini toh rasanya... lumer di mulut...bikin nagih....Waktu sesi pemotretan....satu persatu masuk ke dalam mulut si tukang foto... mantaaaaaapp.... Mau tau rasanya juga? Ini nih....



68. Erna Pertama bikin, mau coba bikin bangket kacang pake resep yang tepung terigu disangrai, tapi dasar males (kata dia sendiri lho....:) ), Erna ganti pake sagu sangrai yang ready stock. Alhasil lembek banget, gak bisa dicetak.
Jadi percobaan ke dua ini langsung bikin bangket susu aja yang memang pake tepung sagu, dan jatuh cinta sama bentuknya yg imut2 itu, walaupun bikinnya cukup menyita waktu karena harus satu2. Wah, ini kue satu kata nyokap pas liat
hasil jadinya. 


69. Susun Laksono Ibu yang satu ini gigih sekali, habis melahirkan, gak ada asisten pula. Naah..bagaimana repotnya dia dengan senang hati mengerjakan tantangan ini, meski last minute. Tengok perjuangannya di sini.

Laporan non blogger.

Emma Isti

Kue tradisional Indonesia menjadi tema tantangan KBB ke -20. Bangket adalah salah kue kering tradisional Indonesia yang cukup dikenal di seluruh Indonesia. Cukup banyak varian bangket dari beberapa daerah di Indonesia, ada yang teksturnya kokoh dan lumer begitu masuk dimulut, ada juga yang sangat rapuh. Begitu juga dengan rasa, ada yang kuat aroma santan dan rempah-rempah lainnya.

Namun Bahan utama bangket ini adalah sagu/kanji ditambah dengan santan dan gula tentunya. Untuk memperkaya rasa ada yang menambahkan telur, kacang-kacang, bubuk rempah-rempah seperti jahe, kayumanis, susu, keju dll.

Begitu banyak variasi yang bisa dibuat, kebetulan punya stock beberapa tepung dan kanji/pati lokal yang berasal dari umbi-umbian yang belum sempat diberdayakan. Hmm jadi terpikir untuk menggunakan bahan-bahan tersebut untuk tantangan bangket kali ini.

Saya mencoba membuat beberapa kue bangket yaitu dari pati umbi ganyong dan umbi garut, yang dipadukan dengan kacang mete dan teh hijau. Bangket ini teksturnya sangat rapuh, aromanya mirip kue sagon.

Dalam bentuk adonan yang belum dicetak saja aroma mete dan teh hijau sudah cukup terasa, terlebih lagi setelah proses pemanggangan makin terasa harum. Dan begitu masuk dalam mulut hmm…takkan berhenti untuk mencicipi.

Yang ijin:
1. Widya Suci
2. Inge Desiree
3. Ilina Mary
4. Siti Mulyanni/Yanni/Annie
5. Vin


Yang terlambat menyetor laporan:
1. Dini Rachmawati 


 

 





 



 




 


 


 


 


 




 


 


 



















6 comments:

  1. Emak2, trims ya round-upnya dan kerja kerasnya merangkum laporan2 teman2 semua. Sampai jumpa di tantangan tahun depan!!

    ReplyDelete
  2. Thank you juga dikasih kesempatan nge-host. Seruuuu abiz...

    ReplyDelete
  3. round-up yg owkeh. makasih ibu² host. PR kali ini banyak yg ngeramein.

    ReplyDelete
  4. oiya, sowy..akyu salah kasih link. ini yg betulnya: http://mindysdeli.blogspot.com/2010/11/kbb-challenge-20-kue-bangket-indonesian.html

    ReplyDelete
  5. Mbak Mindy...dah aku benerin ya link-nya...:)

    ReplyDelete
  6. sim sim terima kasim. simpak daun rambutan yaaaa Amy..

    ReplyDelete